Pantau Pelaksanaan Ujian Daring SMUP Unpad, Dirjen Dikti: Ini Metode Terbaik di Tengah Pandemi

SMUP
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Ir. Nizam, PhD bersama Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan sejumlah pimpinan Unpad sedang meninjau pelaksanaan ujian daring SMUP Jalur Mandiri di ruang monitoring ujian SMUP di Lab Komputer Gedung Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) Unpad, Jatinangor, Sabtu (8/8). (Foto: Dadan Triawan)

Laporan oleh Arif Maulana

dirjen dikti
Siluet Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Ir. Nizam, PhD, memantau layar pelaksanaan ujian daring Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran Program Sarjana Jalur Mandiri Unpad, Sabtu (8/8). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 8/8/2020] Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Ir. Nizam, PhD, turut memantau pelaksanaan ujian daring Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran Program Sarjana Jalur Mandiri Unpad, Sabtu (8/8). Didampingi Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti beserta sejumlah pimpinan di lingkungan Unpad, Prof. Nizam memantau ruang monitoring ujian SMUP di Lab Komputer Gedung Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) Unpad.

Di ruang ini, panitia ujian bisa melihat langsung aktivitas peserta melalui koneksi dengan webcam, sehingga ujian daring ini tetap bisa terawasi dengan baik. Unpad juga menugaskan sejumlah pengawas untuk memantau pelaksanaan ujian.

(baca juga: Dirjen Dikti Apresiasi Kesigapan Mitigasi Covid-19 oleh Unpad)

“Tadi kita melihat bagaimana pelaksanaan ujian Jalur Mandiri di Unpad yang sistem online-nya sudah bagus, terawasi dengan baik, dan memudahkan calon mahasiswa untuk mengikuti ujian dari rumah,” kata Dirjen Dikti.

Ia menilai, ujian daring menjadi pilihan terbaik untuk proses seleksi mahasiswa baru terutama pada masa pandemi Covid-19. Meski demikian, metode ini tetap menjadi pekerjaan rumah bagi para pemangku kepentingan.

Akses internet di setiap pelosok harus dapat terpenuhi dengan baik, sehingga memudahkan para pelajar di daerah untuk bisa mengikuti ujian dan mendapat kesempatan besar untuk bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi.

(baca juga: Kampus Jangan Jadi Klaster Penyebaran Pandemi Covid-19)

“Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita,” terang Dirjen Dikti.

Prof. Nizam pun memberikan dukungan bagi peserta ujian daring Jalur Mandiri Unpad agar bisa menyelesaikan ujiannya dengan baik. “Selamat belajar dan sukses,” pungkasnya.*

 

Share this: