FMIPA Unpad Hasilkan Beragam Produk Penelitian Seputar Covid-19

Laporan oleh Arif Maulana

fmipa unpad
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mendengar penjelasan mengenai produk inovasi lemari setrilisasi APD dari Dosen Departemen Fisika FMIPA Unpad Dr. Andri Abdurochman, M.T., di Gedung Prof. Otto Soemarwoto kampus FMIPA Unpad, Jatinangor, Rabu (2/9). (Foto” Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 2/9/2020] Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran mengembangkan sejumlah produk ilmiah hasil penelitian. Produk ini diharapkan menjadi salah satu kontribusi Unpad dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19.

Sejumlah produk ini dipamerkan dalam acara yang digelar di Gedung Prof. Otto Soemarwoto Dekanat FMIPA Unpad, Jatinangor, Rabu (2/9). Dalam cara tersebut, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti berkesempatan meninjau langsung berbagai produk penelitian tersebut.

Purwarupa produk penelitian yang dipamerkan antara lain: lemari sterilisasi APD, alat pendeteksi suhu tubuh otomatis, dua produk dental aerosol suction, serta sepeda bertenaga surya. Produk tersebut dikembangkan oleh tim dosen dari Departemen Fisika dan Departemen Teknik Elektro Unpad serta kolaborasi lintas fakultas.

(baca juga: Lima Inovasi Unpad Bantu Aktivitas Laboratorium Pengujian Covid-19)

Tidak hanya menjadi purwarupa, produk ini juga sudah digunakan di masyarakat. Tercatat, dua buah lemari sterilisasi APD sudah disumbangkan untuk digunakan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kota Bandung.

Dalam sambutannya Rektor menjelaskan, adanya produk ini menunjukkan bahwa Unpad tetap berkomitmen untuk giat menghasilkan inovasi akademik meskipun dilakukan pada saat pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada FMIPA Unpad yang telah melakukan dengan baik proses pembuatan prototipe dan produk inovasinya,” kata Rektor.

Purwarupa ini diharapkan bisa dikomersialisasikan. Sinergi dengan berbagai pihak diperlukan agar proses komersialisasi produk bisa lebih cepat, sehingga produk karya dosen FMIPA Unpad ini bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

(baca juga: Murah dan Efektif, NanoMag PrintG Unpad Solusi Magnetik Beads untuk Uji PCR Covid-19)

“Semuanya inline dengan semangat Unpad untuk selalu bermanfaat melalui inovasi,” kata Rektor.

Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Sudradjat menjelaskan, pengembangan purwarupa produk ilmiah ini dilakukan berdasarkan hasil diskusi dan masukan dari para pemangku kepentingan, salah satunya dari tim Satgas Covid-19 Unpad.

Baca juga: Prof. Susi Dwi Harijanti dan Prof. Atip Latipulhayat Dilantik dan Dikukuhkan Sebagai Guru Besar FH Unpad

“Kita juga mendapat masukan dari para dokter, terutama dokter gigi dan dokter THT untuk mengurangi dampak aerosol yang ditimbulkan ketika melakukan tindakan,” kata Prof. Sudradjat.

(baca juga: Peneliti Unpad Kembangkan Inovasi VTM yang Tahan Suhu Ruang)

Diharapkan, produk ini bisa menjadi motivasi para dosen lain untuk mengembangkan produk lainnya dengan berdasar pada kebutuhan di masyarakat. “Kita juga kejar untuk internasionalisasi. Produk-produk ini akan kita tampilkan di luar,” kata Prof. Sudradjat.

Peresmian Ruang Sidang

Dalam acara tersebut, Rektor juga meresmikan Ruang Sidang Pascasarjana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di Gedung Prof. Otto Soemarwoto kampus FMIPA Unpad, Jatinangor.

Ruang sidang ini terdiri dari 4 ruangan, yaitu ruang tunggu promovendus, ruangan sidang, ruang untuk kunjungan profesor asing, serta ruang rapat. Setiap ruangan diberi nama “Einstein” yang diambil dari nama Fisikawan ternama dunia Albert Einstein.

(baca juga: Rektor Resmikan Ruang Guru Besar Departemen Fisika FMIPA Unpad)

Rektor mengatakan, diharapkan ruang sidang Pascasarjana FMIPA Unpad ini bisa menjadi salah satu upaya dalam mendukung aspek internasionalisasi.

Acara tersebut juga dihadiri Dekan Fakultas Psikologi Unpad Prof. Hendriati Agustiani, Ketua Satgas Covid-19 Unpad Dr.med. Setiawan, serta perwakilan dari P4TK Bidang Mesin dan Teknik Industri Kemendikbud RI.*

 

Share this: