Kerja Sama dengan Universitas di Moskow, Mahasiswa FIB Ikuti Perkuliahan Bahasa Rusia Secara Daring

Suasana program perkuliahan

Laporan oleh Artanti Hendriyana

Suasana program perkuliahan bahasa Rusia yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Sastra Rusia Universitas Padjadjaran yang digelar secara virtual dengan pengajar dari Moscow Pedagogical State University, 21 September lalu.*

[unpad.ac.id, 27/9/2020] Sejumlah mahasiswa Sastra Rusia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran mengikuti program perkuliahan bahasa Rusia kerja sama dengan Moscow Pedagogical State University (MPGU). Kuliah dilakukan secara daring selama satu semester sejak 21 September 2020 lalu dengan pengajar dari MPGU.

Ketua Program Studi Sastra Rusia Ani Rachmat M.Hum., PhD., mengatakan bahwa kerja sama FIB Unpad dengan MPGU sendiri sudah terjalin sejak akhir 2019 lalu, melalui penandatanganan naskah kerja sama antara FIB Unpad dengan ANO Etnosfera atau salah satu organisasi pendidikan dari Rusia. Dari Unpad, kerja sama ini dikoordinatori oleh Dosen Sastra Rusia Susi Machdalena, M.Hum., PhD.

(baca juga: Kerja Sama dengan Rusia, FIB Unpad Miliki Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia)

“Awalnya itu inisiatif dari Kementerian Pendidikan Federasi Rusia, karena mereka ingin mengembangkan perkuliahan bahasa Rusia. Kemudian mereka menunjuk Etnosfera untuk melaksanakannya dan MPGU merupakan pendukung dari program ini,” ungkap Ani saat dihubungi Kantor Komunikasi Publik (KKP) Unpad, Minggu (27/9).

Kegiatan kerja sama kedua belah pihak ini terwujud melalui pendirian Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia di Gedung Dekanat FIB Unpad. Mahasiswa Unpad dapat belajar bahasa dan budaya Rusia dengan berbagai fasilitas yang tersedia melalui bantuan Etnosfera.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan melalui fasilitas tersebut adalah perkuliahan bahasa dan budaya Rusia bagi mahasiswa Unpad dari MPGU. Mengingat adanya situasi pandemi, pembelajaran akhirnya dilaksanakan secara daring.

(baca juga: Unpad Jalin Kerja Sama dengan Higher School of Economics Rusia)

“Baru mulai semester ini. Tanggal 21 baru mulai hari pertama, dan itu setiap hari Senin untuk semester ini untuk 12 sampai 14 pertemuan,” jelas Ani.

Kegiatan perkuliahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan bahasa dan budaya Rusia, serta meningkatkan kelancaran mahasiswa dalam berbahasa Rusia. Kegiatan ini diintegrasikan ke dalam salah satu mata kuliah di Sastra Rusia FIB Unpad.

Selain perkenalan bahasa dan budaya untuk mahasiswa Unpad, ke depan kerja sama juga akan dikembangkan melalui sejumlah kegiatan, antara lain pelatihan metodologi pengajaran bagi dosen Unpad, serta kegiatan pameran dan seminar. Direncanakan juga, akan digelar pelatihan bahasa Rusia untuk masyarakat umum.

(baca juga: BIPA Unpad Buka Kelas Daring Gratis bagi Orang Asing yang Ingin Belajar Bahasa Indonesia)

“Harapan dengan kerja sama ini mahasiswa dan dosen-dosen akan lebih intensif dalam penguasaan bahasa. Harapannya juga nanti akan lebih banyak masyarakat Indonesia yang tahu tentang Rusia,. Prodi Sastra Rusia di FIB juga akan lebih dikenal,” harap Ani.(arm)*

Share this: