Mahasiswa Kimia Unpad Raih Perak di Ajang KNMIPA Kemendikbud

Laporan oleh Artanti Hendriyana

KNMIPA

Mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpad (FMIPA) Muhamad Diki Permana meraih medali perak pada Kompetisi Nasional MIPA (KNMIPA) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud RI, 7-9 September 2020.*

[unpad.ac.id, 14/9/2020] Mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpad (FMIPA) Muhamad Diki Permana meraih medali perak pada Kompetisi Nasional MIPA (KNMIPA) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud RI, 7-9 September 2020. Pengumuman dilakukan secara daring pada 10 September 2020.

“Prestasi ini menjadi pembuktian bahwa Universitas Padjadjaran dapat bersaing dengan universitas-universitas top lain yang ada di Indonesia. Karena motivasi saya selama ini adalah ‘entah apapun yang mengadang, tetaplah maju dan semangat untuk mengharumkan nama almamater’,” ujar Diki saat dihubungi Kantor Komunikasi Publik (KKP) Unpad, Senin (14/9).

(baca juga: Gagas APD Nanopartikel, Dua Mahasiswa Kimia Unpad Juara II Lomba Esai Inovatif di IPB)

KNMIPA merupakan kompetisi nasional yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. KNMIPA mengompetisikan bidang kimia, matematika, fisika, dan biologi. Tahun ini, KNMIPA diselenggarakan secara daring.

Diki meraih prestasi tersebut setelah mengikuti tiga tahap penjaringan, yaitu tingkat perguruan tinggi, wilayah, dan nasional. Seleksi tingkat nasional diikuti oleh 50 mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia.

Dalam mengikuti kompetisi tersebut, Diki diharuskan menjawab sejumlah soal pilihan ganda dengan waktu yang sudah ditentukan panitia.

(baca juga: Mahasiswa Kimia Unpad Olah Limbah Cangkang Telur Ayam untuk Biomedis)

“Di kimia itu dibagi lagi menjadi 4 ilmu besar yaitu kimia anorganik, fisik, organik dan analitik,” ungkap Diki.

Sebelum mengikuti seleksi tersebut, Diki melakukan persiapan dengan mempelajari berbagai materi di bidang kimia. Selain berusaha mempelajari sendiri soal-soal kimia tingkat nasional, Diki juga mendapatkan pendampingan dari sejumlah dosennya.

“Saya berharap banyak mahasiswa Unpad lain yang terdorong dan semangat untuk mengikuti KNMIPA ini di tahun mendatang dengan membawa prestasi untuk Universitas Padjadjaran,” harap Diki.(arm)*