Menkes Terawan Kukuhkan Rektor Unpad Sebagai Anggota Dewan Pengawas RSHS Bandung

menkes terawan
Rektor Universitas Padjadjaran Prof.

Laporan oleh Arif Maulana

menkes terawan
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti dikukuhkan sebagai anggota Dewan Pengawas RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung, oleh Menkes Terawan Agus Putranto dalam acara pengukuhan yang digelar secara virtual, Kamis (24/9). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 24/9/2020] Menteri Kesehatan atau Menkes Terawan Agus Putranto mengukuhkan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti sebagai anggota Dewan Pengawas Rumah Sakit Unit Pelaksana Teknis Kemenkes RI. Rektor didaulat sebagai anggota Dewan Pengawas RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung.

Pengukuhan Rektor oleh Menkes Terawan dilakukan dalam acara pengukuhan yang digelar secara virtual, Kamis (24/9). Dalam acara pengukuhan tersebut, Terawan juga mengukuhkan ketua dan anggota dewan pengawas dari 26 Rumah Sakit Badan Layanan Umum (BLU) di seluruh Indonesia.

(baca juga: Menkes Terawan Serahkan Insentif kepada 1.127 Peserta PPDS FK Unpad)

Pengukuhan tersebut sesuai dengan Keputusan Menkes RI Nomor Hk.01.07/Menkes/1106-1134/2020 tentang Dewan Pengawas RS Unit Pelaksana Teknis Kemenkes.

Dalam sambutannya Menkes Terawan mengatakan, anggota Dewan Pengawas (Dewas) RS BLU wajib melaporkan apabila terjadu segala sesuatu yang menyangkut kinerja BLU.

“Dewas juga bertugas memberikan saran, masukan, nasihat, dan tanggapan kepada pejabat pengelola BLU atas laporan keuangan dan kinerja BLU dengan tetap mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat,” kata Terawan.

(baca juga: Dosen FK Unpad Raih Anugerah Menteri Kesehatan 2019)

Menkes Terawan berharap, anggota Dewas RS dapat menjembatani setiap permasalahan yang muncul dalam pelayanan kesehatan, jaminan kesehatan nasional, hingga keluhan terkait obat-obatan.

Terawan juga meminta para Dewas dapat menyiapkan rencana aksi (plan of action) untuk membahas langkah lanjutan dalam menjalankan tugas dan fungsi.

“Dengan tersusunnya plan of action yang baik akan berdampak pada perbaikan pelayanan rumah sakit saat ini,” kata Menkes Terawan.*

Share this: