Pada Dies Natalis Fikom Unpad, Pramono Anung Paparkan Strategi Komunikasi Pemerintah Menangani Covid-19

Laporan oleh Artanti Hendriyana

Pramono Anung

Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung. (Foto: Tedi Yusup)*

[unpad.ac.id, 18/9/2020] Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung mengatakan bahwa penyampaian informasi terkait Covid-19 diharapkan tidak menimbulkan kekhawatiran berlebih di masyarakat. Untuk itu, pemerintah berupaya menyampaikan informasi Covid-19 secara lebih halus.

“Ternyata masyarakat memerlukan penyampaian pengumuman Covid yang lebih soft, karena dari hari ke hari, dari waktu ke waktu, kekhawatiran masyarakat ini menurunkan imun masyarakat sendiri,” ujar Pramono Anung saat menyampaikan orasi ilmiah secara virtual pada pada Dies Natalis ke-60 Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran, Jumat (18/9).

Penyampaian informasi dilakukan melalui figur publik dan orang yang memiliki pengaruh di masyarakat sangat dibutuhkan. Menurutnya, melalui strategi tersebut, persoalan terkait informasi hoaks di lapangan sudah menurun drastis.

(baca juga: Komunikasi Kesehatan Berperan Penting di Masa Pandemi Covid-19)

Pada kesempatan tersebut, Pramono menyampaikan sejumlah strategi pemerintah dalam menangani Covid-19. Pemerintah menyadari, penanganan Covid -19 bukan hanya mengenai permasalahan kesehatan, tetapi juga permasalahan ekonomi.

Mengenai kapan pandemi ini akan berakhir, Pramono mengatakan bahwa tidak ada satu pun lembaga dunia yang dapat menjawabnya.

“Tentunya yang bisa dilakukan adalah segera menemukan vaksin untuk membuat dan menyuntikkan kepada masyarakat secara massal,” harapnya.

(baca juga: Bagaimana Opini Publik Terhadap Covid-19 di Indonesia? Ini Risetnya)

Pramono pun mengajak semua pihak untuk dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini. “Karena tidak mungkin kita tidak mempersiapkan diri dalam situasi yang seperti ini,” ujar alumnus Fikom Unpad ini.

Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung menyampaikan orasi ilmiah secara virtual pada pada Dies Natalis ke-60 Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran, Jumat (18/9). (Foto: Arif Maulana)*

Ucapan untuk Fikom Unpad

Baca juga:  Peringati 1 Tahun Berdirinya, i-Go Unpad Gowes Santai Sejauh 36,5 Km

Sebagai lulusan Fikom Unpad, Pramono Anung mengungkapkan bahwa kuliah di Unpad sangat menyenangkan. Baginya, Unpad merupakan perguruan tinggi yang paling membuat nyaman berkuliah.

(baca juga: Pramono Anung, Wakil Ketua DPR RI, Raih Gelar Doktor dengan Yudisium Cumlaude)

“Selamat kepada Fikom Unpad yang berumur 60 tahun. Mudah-mudahan Fikom selalu bisa memberikan dan mewujudkan harmoni untuk keunggulan Fikom Universitas Padjadjaran,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa majunya Fakultas Ilmu Komunikasi adalah majunya Universitas Padjadjaran.

“Dirgahayu Fakultas Ilmu Komunikasi, Terus maju. Insya Allah kiprahnya akan punya kontribusi pada negara kita dan tentunya pada Universitas Padjadjaran,” ucap Rektor.

Dekan Fikom Unpad Dr. Dadang Rahmat Hidayat menyampaikan bahwa Fikom Unpad menyelenggarakan sejumlah acara dalam rangkaian Dies ke-60 ini. Adapun tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Harmoni Mewujudkan Keunggulan.”

Selain Orasi Ilmiah Pramono Anung, acara peringatan Dies Natalis Fikom Unpad juga menggelar webinar series, bakti sosial, temu alumni virtual, syukuran bersama, serta pemberian sejumlah penghargaan.

“Tetap menjadi kewajiban moral akademis bagi FikomUnpad sebagai fakultas yang menyandang komunikasi sebagai kajian utamanya, terus berinisiatif to make communication better dalam konteks keberlanjutan, harmoni sosial, dan kemanusiaan terutama pada masa pandemi covid-19  saat ini,” ujar Dr. Dadang.*