Pandemi Covid-19 Jadi Pendorong Tingkatkan Produktivitas

Laporan oleh Artanti Hendriyana

covid-19

Suasana Seminar Daring “Peran Tenaga Kependidikan dalam memajukan Unpad” yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke -61 Fakultas Kedoteran Gigi (FKG) Unpad, Sabtu (19/9).*

[unpad.ac.id, 21/9/2020] Munculnya pandemi Covid-19 seharusnya tidak menjadi penurun semangat dalam bekerja. Di masa pandemi, ada banyak hal positif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan prestasi kerja.

Tim Ahli Kementerian Pariwisata Bidang Regulasi dan Kelembagaan Dr. Violetta Simatupang mengatakan perlunya bangkit dan solid dalam sebuah tim kerja. Ia juga mengajak untuk melihat hal positif dari musibah pandemi.

“Ada banyak waktu luang untuk kita instrospeksi diri untuk kita melihat ke dalam setelah bertahun-tahun  beraktivitas luar biasa,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam Seminar Daring “Peran Tenaga Kependidikan dalam memajukan Unpad” yang digelar Sabtu (19/9).

(baca juga: Rektor Harapkan Tenaga Kependidikan Unpad Adaptif Terhadap Perubahan Global)

Acara ini merupakan salah satu rangkaian Gotra Sawala yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke -61 Fakultas Kedoteran Gigi (FKG) Unpad.

Dikatakan Violetta, prestasi kerja mayoritas terbentuk dari semangat, motivasi, dan lingkungan kerja. Dalam paparannya, ia mengajak peserta untuk memahami lima tahapan dalam mengembangkan dan menjaga kerja sama tim agar tetap solid.

“Sehingga kalau kita sudah paham, tentunya bekerja kebih menyenangkan, bekerja lebih produktif apalagi di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ia menjelaskan, lima tahap dalam siklus sebuah tim yaitu forming (pembentukan), storming (dilanda badai), norming (penyelarasan norma-norma atai dasar-dasar kerja sama), performing (berkinerja/berprestasi), dan mourning (perkabungan).

“Ini penting untuk kita dapat memaksimalkan prestasi kerja kita. Supaya kita solid. Supaya kita merasa bangkit dalam tim itu gak bisa kerja sendiri,” tuturnya.

Baca juga:  Lima Mahasiswa Sastra Jepang Unpad Ikuti Program Jenesys 2.0 di Shizuoka Jepang

(baca juga: Sivitas Akademika dan Tenaga Kependidikan Harus Akrab “Scopus”)

Tenaga Kependidikan

Sementara itu, Dekan FKG Unpad Dr. Nina Djustiana mengatakan bahwa tenaga kependidikan merupakan suatu komponen penting dalam perguruan tinggi untuk meningkatkan performa tridarma perguruan tinggi.

“Tidak bisa tidak, tenaga kependidikan adalah suatu komponen penting, baik di fakultas maupun universitas,” ujarnya.

Di tengah pandemi Covid-19, diharapkan para staf dapat menjadikan momen ini untuk lebih meningkatkan  aktualisasi diri dan silauturahmi, serta saling berbagi ilmu dan pengalaman. Energi positif pun harus selalu ditanamkan dalam diri.

“Janganlah keterbatasan ini menjadi suatu penghalang atau penghambat, melainkan jadi pemacu bagi kita semua. Kita bisa lebih cerdik, lebih kreatif, lebih semnagat, lebih bahagia, dan lebih bersyukur,” ujar Nina.

Ketua Panitia Gotra Sawala 2020 Erli Sarilita, drg.,M.Sc.,Ph.D  mengatakan bahwa tenaga kependidikan adalah bagian integral dalam usaha memajukan Unpad. Dalam masa pandemi Covid-19, banyak tantangan baru yang dihadapi.

“Oleh karena itu sebagai rangkaian acara Dies Natalis ke-61 Fakultas Kedokteran Gigi Unpad, Gotra Sawala 2020 mengadakan kegiatan khusus untuk para tenaga kependidikan,” ungkapnya.

Selain Violetta, acara tersebut juga menghadirkan pembicara Direktur Fast Institute Indonesia Ismail Hermana, S.Pd yang membahas mengenai etos kerja serta Profesional Industri Perhotelan Tri Darawanti Roesfian yang membahas mengenai motivasi diri.