Senat Akademik Unpad Tetapkan Pimpinan Dewan Profesor dan Pimpinan Komisi

Laporan oleh Arif Maulana

senat akademik unpad

Suasana Sidang Pleno Senat Akademik Unpad secara virtual, Selasa (29/9).*

[unpad.ac.id, 29/9/2020] Prof. Arief Anshory Yusuf, M.Sc., PhD, dan Prof. Dr. Arlette Suzy Puspa Pertiwi, drg., Sp.KGA, M.Si., ditetapkan sebagai Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor Universitas Padjadjaran periode 2020-2025.

Penetapan Prof. Arief sebagai Ketua Dewan Profesor dan Prof. Arlette sebagai Sekretaris Dewan Profesor Unpad dilakukan dalam Sidang Pleno Senat Akademik Unpad yang digelar secara virtual menggunakan aplikasi Zoom, Selasa (29/9).

Pemilihan Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor Unpad tersebut dilakukan secara aklamasi oleh para anggota Senat Akademik.

(baca juga: Terpilih, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Unpad 2020-2025)

Prof. Arief Anshory Yusuf merupakan Guru Besar pada bidang ekonomi lingkungan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prof. Arief dikukuhkan sebagai Guru Besar melalui upacara pengukuhan yang digelar pada 9 Februari 2018. Dalam upacara tersebut, Prof. Arief membawakan orasi ilmiah berjudul “Trade off Antara Pertumbuhan, Keadilan, dan Lingkungan: Mitos atau Realitas?”.

Sementara Prof. Arlette Suzy Puspa Pertiwi merupakan Guru Besar bidang ilmu kedokteran gigi anak di Fakultas Kedokteran Gigi. Prof. Arlette dikukuhkan sebagai Guru Besar melalui upacara yang digelar pada 30 April 2019 dengan judul orasi ilmiah “Menuju Indonesia Bebas Karies Melalui Model Hubungan Dental Belief Orang Tua dengan Terbentuknya Dental Fear Anak Pra-Sekolah”.

Ketua Komisi

Sidang Pleno yang dipimpin Ketua Senat Akademik Unpad Prof. Dr. Ganjar Kurnia, DEA, ini juga menetapkan sejumlah Ketua dan Sekretaris Komisi Senat Akademik.

(baca juga: Upaya Bersama, Unpad Kejar Target Masuk 500 Besar Peringkat Dunia)

Ada 4 komisi yang ditetapkan pada kepengurusan Senat Akademik Unpad 2020-2025, yaitu Komisi I Bidang Riset, PKM, dan Kerja Sama Akademik, Komisi II Bidang Pengembangan Akademik, Komisi III Bidang Pengembangan SDM, dan Komisi IV Bidang Etika Akademik, Hukum, dan Tata Kelola.

Baca juga:  Sebanyak 18 Mahasiswa Unpad Akan Ikuti HNMUN di Boston

Komisi I diketuai Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., dan Sekretaris Dr.rer.nat. Ayi Bahtiar, M.Si. Sementara Komisi II diketuai  Prof. Dr. Danny Hilmanto, dr., Sp.A(K), dan Sekretaris Zahrotur Rusyda Hinduan, MOP, PhD.

Komisi III diketuai Dr. Asep Sumaryana, M.Si., dan Sekretaris Dr. Sri Widodo, M.Si., Apt., sedangkan Komisi IV diketuai Prof. Dr. Sam’un Jaja Raharja, M.Si., dan Sekretaris Kusman Ibrahim, M.NS., PhD.*