Masker “Peel Off” Antijerawat dari Ekstrak Alga Cokelat Karya Mahasiswa Unpad

Rilis

masker

Masker peel off antijerawat dari ekstrak Turbinaria ornata “Lalumiere” yang diciptakan mahasiswa Universitas Padjadjaran.*

[unpad.ac.id, 15/10/2020] Empat mahasiswa Universitas Padjadjaran menciptakan masker peel off antijerawat dari ekstrak Turbinaria ornata yang diberi nama “Lalumiere”. Turbinaria ornata merupakan alga cokelat yang banyak terdapat di pesisir laut Indonesia.

Para mahasiswa tersebut adalah Dian Amalia Maharani (Farmasi), Dede Jihan Oktaviani (Farmasi), Shella Widiyastuti (Farmasi), dan Adila indah Sari Harahap (Akuntansi), dengan dosen pembimbing Dr. apt. Ade Zuhrotun, M.Si. Mereka menggagas ide tersebut melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dan telah lolos didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi RI tahun 2020.

Alga cokelat sendiri diyakini memiliki daya antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, dan antipoliperatif. Akan tetapi, tumbuhan ini belum banyak dimanfaatkan karena masih sedikit orang yang mengetahui akan aktivitasnya.

Baca juga:  PHK Bukan Akhir Segalanya, Saatnya Jalani Ekosistem Baru yang Lebih Berkembang

Sementara jerawat sendiri disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acne dan Staphylococcus aureus (S. aureus), sehingga perlu zat antibakteri  untuk mencegah bengkak dan infeksi pada kulit wajah.

Dengan ekstrak Turbinaria ornata, masker antijerawat “Lalumiere” memiliki keunggulan dibandingkan masker lain yang memiliki kandungan berbeda. Daya hambat Turbinaria ornata terhadap P. acne diyakini lebih besar 160 kali dibanding rumput laut merah, 0,37 kali dibanding teh hijau, 35 kali dibanding spirulina, dan 11 kali dibanding kunyit.

Selain itu, daya hambat Turbinaria ornata terhadap S. aureus lebih besar 7 kali dibanding rumput laut merah, 68 kali dibanding teh hijau, 0,11 kali dibanding spirulina, dan 2,25 kali dibanding kunyit.

Baca juga:  Prodi Inovasi Regional Unpad Gelar Kuliah Umum Sains Informasi

Selain dapat mengobat jerawat, masker ini juga dapat mencerahkan wajah. Masker ini praktis dan mudah digunakan. Diharapkan, produk ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang peduli akan penampilan, kulit wajah sehat berseri, dan meningkatnya rasa percaya diri.

Lalumiere telah dipasarkan dengan sistem pre order melalui media sosial, di antaranya Instagram @masker_lalumiere dan Twitter @LalumiereMasker.(art)*