Prodi Inovasi Regional Unpad Gelar Kuliah Umum Sains Informasi

Laporan oleh Artanti Hendriyana

sains informasi
Suasana kuliah umum “Apa Itu Sains Informasi?” yang digelar Program Studi Magister Inovasi Regional konsentrasi Sains Informasi Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran secara virtual, Jumat (9/10).*

[unpad.ac.id, 10/10/2020] Program Studi Magister Inovasi Regional konsentrasi Sains Informasi Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran menggelar kuliah umum virtual dengan tema “Apa Itu Sains Informasi?” dengan pemateri Guru Besar Emeritus Universitas Indonesia Prof. Sulistyo Basuki, Jumat (9/10).

Pelaksana Tugas Dekan Sekolah Pascasarjana Unpad Mudiyati Rahmatunnisa, PhD, mengatakan, kuliah umum ini merupakan seri perdana dari rangkaian kuliah umum Sekolah Pascasarjana Unpad.

“Kami Sekolah Pascasarjana sangat menyambut baik kegiatan seperti ini, apalagi konsentrasi sains informasi ini merupakan hal baru,” kata Mudiyati.

Diharapkan, tema yang diangkat pada kuliah umum ini akan memberikan muatan bermanfaat bagi banyak pihak.

Dalam pemaparannya, Prof. BasukiSulistyo menjelaskan, sains informasi merupakan sains serta praktik yang berkelindan dengan pengumpulan, penyimpanan, temu kembali, serta bagaimana menggunakannya melalui komunikasi yang efektif.

“Yang dikaji adalah informasi dan pengetahuan yang terekam yang dihasilkan oleh manusia,” kata Prof. Sulistyo.

Sains informasi mengkaji beragam obyek yang menyimpan informasi. Seiring berkembangnya zaman, saat ini obyek informasi bukan hanya buku dan majalah, tetapi sudah merambah pada berbagai platform multimedia dan teknologi informasi.

Prof. Sulistyo memaparkan, sains informasi mencari asal usul suatu informasi. Informasi kemudian dilakukan penatakelolaan dan diproses untuk aksesibilitas serta ketergunaan yang optimal.(arm)*

Baca juga: Paradoks Pertanian Indonesia, Negeri Agraris Tapi Tanpa Kedaulatan Pertanian

Share this: