Tenaga Kependidikan Unpad Jalani Tes Usap Covid-19

Laporan oleh Arif Maulana

tes usap

Petugas Satgas Covid-19 Universitas Padjadjaran sedang melakukan persiapan untuk mengambil sampel tes usap (swab test) terhadap 230 tenaga kependidikan dan pimpinan di lingkungan Unpad, Selasa (13/10). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 13/10/2020] Sebanyak 230 tenaga kependidikan (tendik) dan pimpinan di lingkungan Universitas Padjadjaran menjalani tes usap atau swab test yang digelar di Lapangan Basket Bale Santika Unpad, Jatinangor, Selasa (13/10).

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, M.Psi., PhD, mengatakan, digelarnya tes usap merupakan upaya Unpad dalam melakukan mitigasi agar penyebaran Covid-19 bisa dihalau semaksimal mungkin.

“Ini juga merupakan komitmen Unpad untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-10,” kata Aulia.

Pelaksanaan tes usap sendiri dilakukan oleh Satgas Covid-19 Unpad. Nantinya, seluruh sampel akan dilakukan pengujian PCR di Lab Sentral kampus Unpad. “Kita usahakan maksimal 2 hari,” tambah Aulia.

Baca juga:  Ekstrak Kulit Buah Manggis Berpotensi Sebagai Anti-Covid-19? Ini Studinya

Tendik yang mengikuti tes dipilih dengan menggunakan metode stratified random sampling dari seluruh unit kerja di lingkungan Unpad. Dengan demikian, peserta merupakan representasi dari setiap unit kerja yang diambil berdasarkan proporsinya.

Lebih lanjut Aulia menjelaskan, proposi dilakukan berdasarkan jumlah tendik yang terdaftar di unit kerja. Unit kerja dengan jumlah tendik yang besar makan akan mendapat proporsi peserta yang besar juga.

“Kita (Direktorat SDM) sudah mengajukan seluruh tendik beserta Sekretaris Direktorat, Kepala Kantor, dan Kepala Pusat. Tetapi Satgas menggunakan stratified random sampling sehingga jumlahnya sekitar 10% dari jumlah tendik Unpad,” jelasnya.

Baca juga:  Setelah Dinyatakan Lulus, Calon Pranata Laboratorium Pendidikan Unpad Ikuti Pengarahan

Aulia memastikan bahwa Unpad akan terus melakukan tes usap kepada seluruh pegawainya secara berkala. Diharapkan, tes ini bisa terus meningkatkan kesadaran pegawai Unpad untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerja.

“Unpad terus berkomitmen menjaga protokol kesehatan meskipun sudah menjalani aktivitas tataran new normal,” kata Aulia.

Ia juga mendorong setiap warga Unpad untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak.*