Bidang Ilmu Kesehatan dan Teknik Unpad Masuk 5 Besar Kampus Terbaik di Indonesia

Laporan oleh Arif Maulana

Aktivitas praktikum pada bidang ilmu kesehatan di Uniersitas Padjadjaran. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 3/11/2020] Rumpun ilmu kesehatan dan teknik/teknologi Universitas Padjadjaran masuk ke dalam lima besar perguruan tinggi terbaik versi The Times Higher Education atau THE World University Rankings by Subject 2021. Ini menunjukkan bahwa bidang ilmu di Unpad sudah diakui oleh tingkat internasional.

Pemeringkatan THE WUR by Subject 2021 didasarkan atas penilaian sejumlah indikator, antara lain sitasi, pendapatan industri, pandangan internasional, riset, dan pengajaran. Dari penilaian tersebut bidang ilmu kesehatan berada pada peringkat 601+ dunia, sedangkan bidang ilmu teknik berada pada peringkat 801-1000.

Secara nasional, rumpun ilmu kesehatan Unpad berada pada peringkat 4, setelah Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada. Namun, jika dilihat berdasarkan skor setiap indikator, Unpad memiliki nilai yang baik.

Pada indikator pengajaran, Unpad berada pada peringkat 3 nasional dengan perolehan skor 31,5 setelah UI dan UGM. Pada indikator pendapatan industri, Unpad memiliki skor 43.0 dengan peringkat ketiga nasional setelah UI dan UGM.

[irp]

Demikian pula untuk indikator pandangan internasional, riset, dan pengajaran, Unpad menduduki peringkat 3 nasional dengan masing-masing skor 31,7; 11,1; dan 19,7. Peringkat pertama dan kedua masih sama diraih oleh UI dan UGM

Meski demikian, jumlah persentase mahasiswa asing Unpad masih di angka 1%. Angka ini lebih rendah dari Universitas Brawijaya yang memiliki persentase sebanyak 2%.

Selanjutnya, pada bidang ilmu teknik dan teknologi, Unpad berada pada peringkat 4 nasional, setelah Institut Teknologi Bandung di peringkat pertama, UI di peringkat 2, dan UGM di peringkat 3. Peringkat 5 nasional untuk bidang ilmu teknik diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Pada bidang ilmu teknik dan teknologi, skor sitasi Unpad sebesar 24,3. Skor ini menjadikan Unpad berada pada peringkat 2 nasional untuk sitasi. Untuk kategori pendapatan industri, Unpad berada pada peringkat 4 nasional dengan skor 54,8 setelah UI (87,5), ITB (87,0), dan UGM (59,7).

Untuk kategori pandangan internasional, riset, dan pengajaran, Unpad berada pada peringkat 5 nasional dengan masing-masing skor 24,4; 8,7; dan 16,3.

[irp]

Perolehan nilai pada pemeringkatan THE WUR by Subject 2021 mencerminkan peningkatan kinerja yang diraih atas kerja keras dan sinergi seluruh warga Unpad. Tentunya, universitas terus berkomitmen mendorong peningkatan kinerja pada bidang ilmu lainnya di tahun depan.

“Kita memiliki ekspektasi bahwa Unpad akan menguat peringkatnya dalam permeringkatan World University Rankings, apakah QS WUR maupun Times Higher Education WUR baik untuk universitas maupun bidang ilmu,” ujar Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti.*

Share this: