Ilmu Kelautan Unpad Raih Juara pada Kompetisi di ITS

Rilis

Bagdja Hersandi Gusviga meraih juara III pada kategori lomba “3 Minutes Thesis Presentation” dalam rangka Lustrum XII Dies Natalis ke-60 Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, beberapa waktu lalu.*

[unpad.ac.id, 17/11/2020] Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran meraih prestasi pada kategori lomba “3 Minutes Thesis Presentation” dalam rangka Lustrum XII Dies Natalis ke-60 Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, September lalu.

Prestasi diraih oleh Bagdja Hersandi Gusviga yang berhasil menempati peringkat ketiga. Dalam lomba tersebut, Bagdja membawakan topik kajian ilmiah “Estimation of Coral Bleaching Events due to Global Warming with Analysis of Sea Surface Temperature in The Indonesian Sea”.

Dalam kajian ilmiah tersebut, Bagdja menjelaskan kondisi terumbu karang di Indonesia yang sedang tidak sehat. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan Yayasan Reef Check Indonesia selama 5 tahun terakhir, banyak terumbu yang mengalami pemutihan atau coral bleaching.

Kuat dugaan, kondisi ini diakibatkan pengaruh dari perubahan iklim dunia yang menyebabkan kenaikan pada anomali suhu permukaan laut di dunia. Salah satunya di Indonesia.

Baca juga:  Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc., Ph.D, “Konservasi Cegah Eksploitasi Berlebihan”

Pemanfaatan citra satelit digunakan untuk memudahkan analisis kondisi suhu permukaan laut dengan cukup akurat dan efisien untuk skala yang besar.

Saat melakukan risetnya, Bagdja yang kini berhasil menyelesaikan studinya di Ilmu Kelautan Unpad mendapat bimbingan dari Yayasan Terangi dan Yayasan Reef Check Indonesia.

Selain Badja, terdapat dua mahasiswa Ilmu Kelautan lain yang berhasil menjadi finalis di lomba tersebut. Dua mahasiswa tersebut antara lain Sarah Khairunisa Anwar dengan judul “Pemetaan Kerentanan Wilayah Pesisir Jawa Barat Menggunakan Data Citra Satelit” dan Amarif Abimanyu yang lolos seleksi awal yang membawakan judul tentang “Sebaran Tumpahan Minyak dalam kasus Kebocoran anjungan di Karawang, Jawa Barat”.

Ketiganya mengangkat riset yang diambil dari topik skripsi. Riset yang mendapat bimbingan langsung dari dosen Ilmu Kelautan Unpad, yaitu: Noir P. Purba, M.Si., Mega L. Syamsudin, Ph.D, Ibnu Faizal, M.T., Subiyanto, Ph.D dan Dr. Yuniarti. Turut membimbing dari Pusat Riset Kelautan Jakarta. Dr.Ing. Widodo S. Pranowo.(arm)*

Baca juga:  Dosen dan Mahasiswa Ilmu Kelautan Unpad Lakukan Aksi Bersih Pantai Tiga Pulau di Indramayu