Indikator Pengajaran Unpad Unggul dalam Pemeringkatan THE WUR by Subject 2021

Laporan oleh Arif Maulana

Data skor Unpad pada bidang ilmu Social Sciences pada THE WUR by Subject 2021. Pada bidang ilmu ini, Unpad menduduki peringkat kedua nasional untuk indikator pengajaran (teaching).*

[unpad.ac.id, 2/11/2020] Lembaga pemeringkatan The Times Higher Education telah merilis peringkat perguruan tinggi dunia yang diukur berdasarkan bidang keilmuan atau THE WUR by Subject 2021, Rabu (28/10) waktu London. Ada lima bidang ilmu Unpad yang berhasil masuk ke dalam pemeringkatan.

Lima bidang ilmu tersebut antara lain Business and Economics (peringkat 601+), Cilnical, Pre-clinical, and Health (peringkat 601+), Engineering and Technology (peringkat 801-1000), Life Sciences (peringkat 801+), serta Social Sciences (peringkat 601+).

Pemeringkatan bidang ilmu tersebut pada THE WUR by Subject 2021 didasarkan atas penilaian dari lima indikator, antara lain sitasi, pengajaran, riset, pandangan internasional, dan pendapatan industri. Dari lima indikator tersebut, Unpad memiliki keunggulan salah satunya pada indikator pengajaran.

[irp]

Indikator pengajaran Unpad pada beberapa bidang ilmu menorehkan capaian terbaik. Pada bidang ilmu Business and Economics, Unpad menduduki peringkat kedua secara nasional untuk kategori pengajaran.

Pada kategori ini, Unpad meraih skor sebanyak 21,5, disusul Universitas Diponegoro (Undip) pada peringkat ketiga dengan skor 20,8, serta Universitas Gadjah Mada (UGM) pada peringkat keempat dengan skor 19,8.

Bidang ilmu Cilnical, Pre-clinical, and Health juga memiliki peringkat pengajaran yang baik dengan skor 19,7. Skor ini menjadikan Unpad menduduki peringkat ketiga secara nasional setelah Universitas Indonesia (UI) pada peringkat pertama dengan skor 30,7 dan UGM pada peringkat kedua dengan skor 21,8.

Di bidang Social Sciences, peringkat Unpad untuk kategori pengajaran berada pada posisi kedua secara nasional dengan skor 16,9. Peringkat pertama diraih oleh UI dengan skor 24,7, sedangkan peringkat ketiga diraih oleh UGM dengan skor 16,3.

Torehan skor yang unggul ini merefleksikan Unpad mampu bersaing secara global dengan perguruan tinggi Indonesia lainnya. Dukungan sivitas akademika dan tenaga kependidikan secara komprehensif akan semakin mendongkrak kinerja Unpad di tingkat global.*

Share this: