Jujur dan Disiplin, Kunci Maffira Citra Putrianto Sebagai Wisudawan Terbaik Unpad

Laporan oleh Artanti Hendriyana

wisudawan terbaik unpad
Maffira Citra Putrianto, wisudawan terbaik jenjang Sarjana Terapan Unpad.*

[unpad.ac.id, 6/11/2020] Maffira Citra Putrianto dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tiongkok Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran terpilih sebagai wisudawan terbaik program Sarjana Terapan pada Wisuda Gelombang I TA 2020/2021, Kamis (5/11).

“Syukur Alhamdulillah bisa menjadi salah satu wisudawan terbaik Unpad untuk wisuda gelombang ini. Sama sekali tidak menyangka saya bisa mewakili FIB dan Prodi Bahasa dan Budaya Tiongkok untuk menjadi wisudawan terbaik program Sarjana Terapan,” ungkap perempuan yang akrab disapa Fira ini saat dihubungi Kantor Komunikasi Publik (KKP) Unpad, Kamis (5/11).

Selama menjalani perkuliahan, Fira memiliki tekad untuk menjalaninya dengan serius dan sungguh-sungguh. Ia juga berusaha membagi waktunya dengan baik antara belajar, organisasi, dan berlibur.

Baca juga: Senat Akademik Unpad Tetapkan Pimpinan Dewan Profesor dan Pimpinan Komisi

Ada sejumlah organisasi yang Fira ikuti, yaitu Himasino FIB Unpad, BEM Gama FIB Unpad, serta Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok cabang Nanning.

“Tapi ada tiga hal yang selalu saya tanamkan pada diri saya selama ini yaitu  jujur, disiplin, dan  tulus.  Dan tiga hal ini juga saya terapkan selama proses pembelajaran  di Unpad,” ungkapnya.

Fira sendiri merupakan angkatan pertama di Prodi Bahasa dan Tiongkok Unpad. Ada banyak pengalaman berharga yang dirasakan Fira selama menjalani studi di Bahasa dan Budaya Tiongkok Unpad.

Selain ilmu bermanfaat, perempuan asal Sumedang ini juga memilki kesempatan untuk merasakan belajar di Tiongkok melalui program pertukaran pelajar.

Tahun 2018-2019, Fira menjadi penerima beasiswa Pertukaran Mahasiswa Xiangsihu College dan menjadi The Best International Student 2019 di Xiangsihu College.

Baca juga: Rektor: Dukungan Orang Tua Diperlukan untuk Keberhasilan Studi Mahasiswa

Ia juga merupakan penerima Beasiswa Shanghai Summer School di Shanghai International Studies University tahun 2017.

Fira lulus 10 Oktober 2020 lalu dengan IPK 3,91. Ia lulus dengan skripsi berjudul “Tahu Bungkeng sebagai Warisan Budaya Tiongkok di Kota Sumedang”.

“Semoga ilmu yang didapat selama berkuliah di Unpad bisa bermanfaat bagi saya  pribadi dan juga untuk orang di sekitar saya. Meskipun lulus di masa pandemi, semoga kesuksesan tetap menyertai kita semua,” harap Fira.(arm)*

Share this: