Mahasiswa Teknik Informatika Unpad Wakili Indonesia dalam ASEAN Youth Conference 2020

ASEAN
Rellisa

Rilis

ASEAN
Rellisa Puspa Kusuma, mahasiswa Teknik Informatika Unpad berfoto diri saat mengikuti ASEAN Youth Conference 2020.*

[unpad.ac.id, 5/11/2020] Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Padjadjaran Rellisa Puspa Kusuma menjadi salah satu delegasi dalam ASEAN Youth Conference 2020 yang berpusat di Hanoi, Vietnam, 31 Oktober – 1 November lalu.

ASEAN Youth Conference merupakan kegiatan tahunan yang digelar Organisasi Pemuda ASEAN untuk mempertemukan para generasi muda dari Asia Tenggara. Pertemuan digelat untuk membahas beragam masalah sosial, menginisiasi proyek bersama, serta membangun jejaring.

Pada tahun ini, sebanyak 70 peserta dari berbagai negara di Asia Tenggara mengikuti konferensi ini.

Akibat terkendala pandemi, ASEAN Youth Conference tahun ini digelar secara daring. Rellisa bersama peserta dari luar negara Vietnam mengikuti pertemuan melalui aplikasi telekonferensi Zoom. Sementara delegasi Vietnam sendiri melakukan konferensi secara luring di National Economic University.

[irp]

“Tahun 2020 ini konferensi terbagi menjadi 3 pilar, yaitu sirkular ekonomi, revolusi industri 4.0, serta kewirausahaan dan politik,” tulis Rellisa dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Pada pertemuan tersebut, para delegasi mengikuti berbagai acara, seperti pematerian tentang 3 pilar politik utama, curah pendapat (brainstorming) terkait proyek, serta diskusi kelompok terpumpun tentang proposal proyek yang akan dibuat.

Dari tiga pilar yang dibahas, Rellisa tertarik untuk memilih topik revolusi industri 4.0. Selanjutnya, delegasi dikelompokkan menjadi 3 kelompok sesuai pilar.

“Setiap kelompok topik berdiskusi tentang proyek apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di ASEAN serta memanfaatkan teknologi. Dalam konferensi ini kami lebih difokuskan untuk brainstorming tentang proyek yang dapat kami lakukan demi kemajuan ASEAN,” kata Rellisa.(arm)*

Share this: