Rudiantara: Lulusan Unpad Harus Terampil dan Bijak Bermedia Sosial

Laporan oleh Arif Maulana

rudiantara
Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Rudiantara. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 5/11/2020] Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Padjadjaran Rudiantara mengharapkan lulusan Unpad untuk menguasai beragam keterampilan di luar apa yang dipelajari di bangku kuliah.

Hal tersebut diungkapkan Rudiantara saat memberikan sambutan pada Upacara Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2020/2021 yang digelar secara daring, Kamis (5/11). Sebanyak 2.315 wisudawan Unpad mengikuti upacara wisuda dari rumah masing-masing.

Rudiantara menjelaskan, Indonesia memiliki 1,3 juta sarjana per tahunnya. Ini berarti para lulusan harus berkompetisi untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

[irp]

Menteri Komunikasi dan Informatika RI 2014-2019 ini menjelaskan, yang dibutuhkan perusahaan dewasa ini adalah lulusan yang punya keterampilan. Karena itu, selain memiliki ijazah perguruan tinggi, lulusan Unpad juga harus memiliki beragam sertifikat kompetensi keahlian.

“Perusahaan saat ini lebih mementingkan skill,” kata Rudiantara.

Lulusan bisa memanfaatkan beragam program pelatihan di dunia maya. Lulusan bisa melakukan back to back education lewat platform digital tanpa dibatasi pertemuan fisik.

Selain keterampilan, Rudiantara juga mengingatkan lulusan Unpad untuk bijak menggunakan media sosial. Ini disebabkan, aktivitas media sosial menjadi suatu pertimbangan perusahaan dalam menilai calon lulusan.

“Yang dibutuhkan perusahaan adalah karakter yang tecermin dari percakapan kita di media sosial,” ungkap Rudiantara.*

Share this: