Unpad Lakukan Akselerasi Hilirisasi Riset

Laporan oleh Arif Maulana

Beragam produk inovasi Universitas Padjadjaran untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 20/11/2020] Universitas Padjadjaran terus mendorong akselerasi aktivitas riset dan inovasi yang dilakukan sivitas akademika. Akselerasi riset tidak hanya untuk mencapai peningkatan publikasi ilmiah, tetapi juga didorong untuk dihilirisasikan.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Hendarmawan, M.Sc., menjelaskan, dalam mendukung pencapaian peningkatan produk hilirisasi Unpad perlu dibangun ekosistem yang kuat. Ekosistem dibangun sehingga riset yang dilakukan memiliki arah yang jelas.

“Ekosistem dibuat agar kita tidak lagi melakukan riset yang mancaura (kemana-mana),” ungkap Prof. Hendarmawan saat diwawancarai Kantor Komunikasi Publik Unpad, Kamis (19/11).

Dengan adanya ekosistem ini, Unpad akan membuat berbagai klaster penelitian. Klaster ini akan menghasilkan beragam penelitian sesuai dengan bidangnya, sehingga ada kesinambungan antara riset dengan inovasi yang dihasilkan.

Prof. Hendarmawan melanjutkan, ada beragam produk hilirisasi yang didorong untuk dihasilkan. Produk inovasi bukan hanya terfokus pada pengembangan teknologi atau alat. Unpad juga siap berkontribusi menghasilkan inovasi berupa produk pengabdian masyarakat, rekomendasi kebijakan pemerintah, hingga berbagai inovasi model-model tertentu.

Dengan demikian, upaya hilirisasi produk bukan merupakan sesuatu yang instan. Proses ini membutuhkan kerja sama, waktu, dan jam terbang. Ekosistem yang dibangun tidak hanya untuk satu fakultas atau bidang keilmuan saja, tetapi bisa lintas fakultas atau bidang keilmuan.

Kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan lain juga terus dilakukan. Mulai dari sektor industri, pemerintah, industri, hingga institusi pendidikan tinggi dalam dan luar negeri.

Prof. Hendarmawan mengatakan, sinergi yang kuat diharapkan akan memperoleh hibah-hibah riset yang besar. Tentunya, hibah dan kolaborasi ini akan menuntut pada publikasi di jurnal ilmiah bereputasi.

Baca juga:  Penerima Beasiswa LPDP Angkatan 56 Kunjungi Unpad

“Insyaallah, kami dari kantor WR III akan lebih proaktif ke fakultas dan berkolaborasi sehingga bagaimana Unpad menjadi lebih tinggi,” kata Prof. Hendarmawan.*