Mahasiswa Sastra Arab Jadi Peserta Terbaik pada Seleksi Kader Mubalig/Mubaligah Muda Jabar

Laporan oleh Artanti Hendriyana

sastra arab

Muhammad Wahyuddin Nur (ketiga dari kanan), mahasiswa Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran berhasil menjadi peserta Terbaik Putra pada Seleksi Kader Mubalig/Mubaligah Muda Tingkat Provinsi Jawa Barat, Senin (21/12).*

[unpad.ac.id, 22/12/2020] Mahasiswa Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran Muhamad Wahyuddin Nur terpilih menjadi peserta Terbaik Putra pada Seleksi Kader Mubalig/Mubaligah Muda Tingkat Provinsi Jawa Barat. Acara digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat di Hotel Lingga, Bandung, Senin (21/12).

“Alhamdulillah saya mendapat tawaran untuk mengikuti acara ini. Saya maksimalkan persiapannya. Alhamdulillah dapat hasil maksimal juga,” ungkap pria yang akrab disapa Yudi ini saat dihubungi Kantor Komunikasi Publik (KKP) Unpad, Selasa (22/12).

Kompetisi tersebut diikuti oleh 20 peserta dari lima perguruan tinggi di Jawa Barat. Setiap perguruan tinggi diwakii oleh 4 peserta, terdiri dari 2 putra dan 2 putri.

Baca juga:  Program Studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad Raih Akreditasi A

Para peserta terlebih dahulu membuat esai dengan tema “Perspektif Moderasi Beragama”.  Selanjutnya, peserta diminta menyampaikan ceramah tentang esainya di hadapan tim penilai.

Yudi sendiri mengangkat materi berjudul “Berislam dengan Moderat Ciptakan Kerukunan Umat”. Dalam ceramahnya, Yudi membahas mengenai sikap menghadapi perbedaan. Dalam penyusunan materi ceramah ini, Yudi didampingi Koordinator Masjid Al-Jihad Unpad Dr. Cukup Mulyana, M.S.

“Bagaimana sih sikap kita kalau menghadapi perbedaan, dan kalau ada orang yang salah depan kita itu bagaimana sikapnya. Itu yang saya sampaikan,” ungkap Yudi.

Yudi pun mengapresiasi kompetisi tersebut. Diharapkan Yudi, akan semakin banyak mubalig muda yang mendapatkan pendampingan dan dapat tampil, utamanya di Unpad.

“Harapan saya bisa lebih banyak mubalig muda, khususnya di Unpad,” harapnya.*

Baca juga:  Inovasi Karya Tendik Unpad Menang dalam Indigo Incubator 2014