Mahasiswa FISIP Unpad Gagas Gerakan Membangun Kesehatan Mental bagi Anak Muda

Akun Instagram

Rilis

Akun Instagram @pandemic.support yang digagas enam mahasiswa Program Studi Kesejahteraan Sosial Unpad.*

[unpad.ac.id, 15/1/2021] Pandemi Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan fisik manusia, tetapi juga kesehatan mentalnya. Begitu banyak berita buruk seputar dampak Covid-19 membuat tingkat kecemasan masyarakat menjadi meningkat.

Sebagai wujud kontribusi mengatasi kecemasan tersebut, sejumlah mahasiswa Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Padjadjaran menggagas gerakan “Pandemic Support”. Gerakan ini digagas oleh Hanif Farhan, Sofia Zahara, Auliarani Putri Audy, Dewi Fortuna Solina, Raden Hana Majesta Saleh, dan Bryna Purnahayati dengan bimbingan dosen Dr. Hery Wibowo MM.

Dikutip dari laman FISIP Unpad, “Pandemic Support” merupakan gerakan yang bertujuan untuk ikut mendorong terwujudnya kesehatan mental masyarakat selama pandemi. Gerakan lebih berfokus pada membangun keberfungsial sosial masyarakat sesuai dengan bidang ilmu yang mereka geluti.

Sejumlah aktivitas telah dilakukan oleh Hanif dan tim. Mulai dari publikasi sejumlah konten di akun Instagram @pandemic.support, hingga berbagai webinar dan challenge.

Publikasi pada akun Instagram mencakup informasi terkait kesehatan mental, kata-kata motivasi, beragam berita positif, hingga konten rekoemndasi kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah.

“Melalui konten tersebut, diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” tulis Hery Wibowo.

Selain konten yang menarik, “Pandemic Support” juga sudah melakukan survei melalui fitur stories di akun Instagram enam penggagas gerakan ini. Survei dilakukan terkait bagaimana pengaruh Covid-19 terhadap kesehatan mental di tingkat dewasa awal.

Berdasakan hasil survei yang diikuti 100 responden berusia 18 – 25 tahun, tim menemukan bahwa hampir 80% anak muda merasakan pengaruh pandemi Covid-19 terhadap kesehatan mental mereka.

Hasil survei kemudian menjadi acuan untuk dibahas dalam sesi sharing “The Impact Of The Covid-19 Pandemic On Young Adult’s Mental Health” dengan narasumber mahasiswa Magister Profesi Psikologi Unpad Annisa’i Salma Nur Amalina, Sabtu, 26 Desember 2020 lalu.

Sesi sharing tersebut diharapkan dapat menjadi ruang sekaligus tempat bertukar pikiran, sehingga mendapatkan solusi bersama untuk mengatasi keresahan terkait pandemic Covid-19. Sebab, tanpa berbagi, keresahan tersebut dapat memengaruhi kesehatan mental anak muda.

Secara umum, tim Pandemic Support mengajak masyarkaat untuk berpikir cerdas bersama, bersikap bijak, dan menyelaraskan persepsi untuk mendukung langkah pemerintah dalam menangani Covid-19. Kebijakan kesehatan mental merupakan bagian penting dari kebijakan percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.(art)*

Share this: