Unpad Miliki Fasilitas Coworking Space Hibah dari BNI

Laporan oleh Arif Maulana

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita bersama DGM Divisi Hubungan Kelembagaan Hubungan BNI Ahmad Salman Somantri secara simbolis meresmikan ruang kerja bersama atau Coworking Space BNI-Unpad di lantai 1 Grha Kandaga Perpustakaan Pusat Unpad, Jatinangor, Selasa (26/1). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 26/1/2021] Universitas Padjadjaran memiliki pojok fasilitas terbaru berupa ruang kerja bersama atau coworking space yang dikembangkan bersama BNI. Coworking Space BNI-Unpad ini berlokasi di lantai 1 Grha Kandaga Perpustakaan Pusat Unpad di Jatinangor.

Secara simbolis, Coworking Space BNI-Unpad ini diresmikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita bersama DGM Divisi Hubungan Kelembagaan Hubungan BNI Ahmad Salman Somantri, Selasa (26/1).

Acara peresmian ini dihadiri secara virtual oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti serta dihadiri langsung sejumlah pimpinan Unpad dan BNI.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, Coworking Space BNI-Unpad ini menjadi fasilitas yang mendukung dosen dan mahasiswa bisa melakukan aktivitas tridarma perguruan tinggi secara nyaman.

[irp]

“Kita yakini bahwa di era society 5.0 ini, sentuhan humanity menjadi sangat penting. Karena itu, fasilitas hibah inovasi ruangan Coworking Space ini bisa mendukung aktivitas dosen dan mahasiswa,” papar Rektor.

Fasilitas Coworking Space ini juga bisa mendukung layanan di Perpustakaan Pusat Unpad. Rektor mengatakan, saat ini seluruh layanan Perpustakaan Pusat Unpad sudah dilakukan digitalisasi.

Dengan demikian, walaupun ruang perpustakaan berada di lantai 3 dan 4 gedung Grha Kandaga, mahasiswa dan dosen tetap bisa mengakses dan mendiskusikan beragam materi pengetahuan digital pada Coworking Space tersebut.

“Insyaallah ruangan ini sangat bermanfaat dan cocok dengan tuntutan zaman,” ujarnya.

Rektor juga mendorong kemitraan yang sudah terjalin lama dengan BNI dapat terus ditingkatkan. Apalagi memasuki babak baru kegiatan pembelajaran pendidikan tinggi, perguruan tinggi seyogianya harus menggandengn mitra.

“Kemitraan ini terus kita tingkatkan untuk bentuk pengisian kegiatan Kampus Merdeka atau bentuk kolaborasi di bidang riset, pendidikan, kegiatan kemahasiswaan, dan lain-lain,” kata Rektor.

[irp]

Sementara itu, Ahmad Salman Somantri menyambut baik inisiasi kerja sama di bidang tridarma, salah satunya mengolaborasikan sistem pembelajaran di Unpad dengan sistem industri perbankan di BNI.

“Sistemnya mungkin nanti tidak perlu tatap muka, tapi akan dikemas baik itu melalui webinar,” kata Salman.

Acara peresmian juga diisi dengan seminar daring “Strategi Unpad dalam Penguatan UMKM Selama dan Setelah Pandemi” dengan pembicara Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad Diana Sari PhD, serta Pemimpin BNI Kantor Cabang Perguruan Tinggi Bandung I Putu Gede Restu.*

Share this: