Unpad Peroleh Bantuan Peralatan Tanggap Bencana dari Bank Mandiri

Laporan oleh Arif Maulana

bank mandiri
Executive Vice President Bank Mandiri Regional VI/Jawa Barat Sulaeman (kedua dari kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan CSR Bank Mandiri kepada Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (14/1). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 14/1/2021] Universitas Padjadjaran memperoleh satu unit perahu LCR bermesin 25 PK dari Bank Mandiri. Hibah perahu tersebut bertujuan untuk mendukung aktivitas tanggap bencana yang dilakukan Unit Search and Rescue (SAR) Unpad.

Penyerahan program bantuan CSR tersebut secara simbolis dilakukan oleh Executive Vice President Bank Mandiri Regional VI/Jawa Barat Sulaeman kepada Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (14/1).

Rektor mengatakan, alat ini sangat berguna terutama untuk membangun empati mahasiswa terhadap kondisi sekitar. “Kita ingin para mahasiswa terlatih dalam melakukan empati, khususnya melakukan gerak cepat untuk ikut tanggap darurat terkait kebencanaan,” kata Rektor.

[irp]

Rektor berkomitmen, perahu LCR titipan dari Bank Mandiri ini akan dimanfaatkan untuk membantu masyarakat luas, khususnya dalam proses tanggap darurat saat terjadi bencana.

Saat ini perahu LCR tersebut sudah digunakan untuk membantu proses evakuasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 serta membantu pencarian orang hanyut di Cianjur.

“Artinya, kami rasakan perlatan dari Bank Mandiri ini telah dimanfaatkan dengan baik,” kata Rektor.

Sementara itu, Sulaeman yang juga alumnus Fakultas Pertanian Unpad mengatakan, program CSR kepada Unpad ini merupakan komitmen Bank Mandiri untuk membantu proses tanggap bencana di Jawa Barat.

“Kami berupaya seoptimal mungkin, apa yang bisa kami lakukan untuk kampus yang kita cintai,” kata Sulaeman.

Acara penyerahan bantuan CSR ini juga dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph CSSSA, M.T., Direktur Inovasi dan Korporasi Diana Sari, PhD, Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian yang juga pembina Unit SAR Unpad Dr. Ir. Sarifah Nurjanah, Manajer Pembelajaran, Kemahasiswaa, dan Alumni Kharistya Amaru, serta sejumlah pengurus dari Unit SAR Unpad.

Sementara itu, Ketua SAR Unpad M. Reza Ardhika mengapresiasi atas perolehan perahu LCR dari Bank Mandiri. “Semoga dengan bantuan CSR yang diberikan kepada Unit SAR Unpad ini akan memberikan manfaat yang lebih untuk memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan yang selama ini terus kami SAR unpad jaga,” ujarnya.*

[irp]

Share this: