Laporan oleh Artanti Hendriyana

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, PhD, bersama Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, M.T., PhD, menjadi narasumber dalam talkshow “Ayo Kenal Unpad” (AKU) bertema “Sosialisasi SNMPTN Unpad 2021” yang digelar secara daring, Senin (8/2). (Foto: Arif Maulana)*

[unpad.ac.id, 8/2/2021] Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 perlu cermat ketika memilih program studi. Peserta sebaiknya memilih program studi sesuai minat sekaligus memperhatikan keterampilan apa yang dibutuhkan di masa depan.

“Jadi yang perlu dilihat adalah yang disebut dengan future skills dan future jobs,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, PhD, saat menjadi narasumber dalam “Ayo Kenal Unpad” (AKU) bertema “Sosialisasi SNMPTN Unpad 2021” yang digelar secara daring, Senin (8/2).

Baca juga: Pandemi Covid-19 Jadi Pendorong Tingkatkan Produktivitas

Dengan demikian, peserta sebaiknya tidak terlalu terpaku pada angka keketatan atau tingginya peminat saat ini. Menurut Prof. Arief,  peserta perlu memikirkan kebutuhan atau pekerjaan yang sekiranya diperlukan dalam beberapa tahun mendatang ketika sudah lulus kuliah dan terjun ke dunia nyata.

Lebih lanjut Prof. Arief mengatakan, SNMPTN merupakan buah dari kerja keras peserta dalam tiga tahun di SMA. Untuk itu, sebaiknya kesempatan baik ini tidak disia-siakan.

“Pilihlah yang sesuai dengan passion, yang kedua pilihlah perguruan tinggi yang baik,” pesan Prof. Arief.

Hal senada juga disampaikan Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, PhD. Menurutnya, peserta perlu cermat melihat perkembangan. Ada beberapa program studi yang beberapa tahun lalu tidak tinggi peminat, tetapi akhir-akhir ini meningkat karena kebutuhan ilmunya di masa mendatang.

“Jangan tertipu dengan peminat di tahun lalu, karena perubahan dinamikanya cukup cepat,” pesan Fahmi.

Memilih program studi sesuai minat pun dibutuhkan agar mahasiswa dapat menjalani kuliah dengan nyaman dan memiliki hasil yang baik. Jika tidak, mahasiswa biasanya tidak optimal dalam menjalani kuliah bahkan berdampak saat terjun ke dunia kerja.

“Saya pikir pemilihan program studi sangat penting yang sesuai dengan minat,” ujar Fahmi.

Baca juga: Unpad dan Pikiran Rakyat Sepakat Jalin Kerja Sama untuk Tingkatkan Kualitas Provinsi Jawa Barat

Fahmi pun berpesan bagi peserta yang ingin kuliah di Unpad, diharapkan dapat mempersiapkan dengan baik, seperti memperhatikan proses pendaftaran, cermat memilih prodi, dan tidak lupa berdoa.

“Untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi yang baik memang membutuhkan effort kerja keras, dan komitmen,” ujar Fahmi.

Sesuai jadwal, batas akhir penetapan siswa yang berhak (eligible) mendaftar SNMPTN oleh sekolah adalah pada 8 Februari. Selanjutnya, pendaftaran SNMPTN dibuka mulai 15 – 24 Februari mendatang. Pengumuman SNMPTN sendiri akan dibuka pada 22 Maret.

Acara “Ayo Kenal Unpad” sendiri digelar mulai Senin (8/2) hingga Kamis (11/2) mendatang. Di hari pertama, talkshow diisi dengan Sosialisasi SNMPTN Unpad 2021. Sementara pada Selasa (9/2) hingga Kamis (11/2), acara akan diisi dengan presentasi dari 16 fakultas yang ada di Unpad. Acara dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Unpad dan Instagram @universitaspadjadjaran.(arm)*

Share this: