Pemulihan Kesehatan dari Covid-19 Harus Dibarengi Pemulihan Ekonomi dan Sosial

Dosen Fakultas Teknologi Indutsri Pertanian Unpad In In Hanidah, M.Si., saat menjadi

Laporan oleh Arif Maulana

pemulihan ekonomi
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti saat menjadi narasumber pada program “Indonesia Townhall” di Metro TV, Senin (8/2) malam.*

[unpad.ac.id, 9/2/2021] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengatakan, kebijakan penanganan pendemi Covid-19 harus satu paket. Upaya pemulihan kesehatan harus dibarengi dengan pemulihan ekonomi dan pemulihan sosial.

“Pemberian vaksin dan pemulihan ekonomi dan sosial harus berjalan beriringan,” ujar Rektor saat menjadi narasumber dalam program “Indonesia Townhall” di Metro TV, Senin (8/2) malam.

Guru Besar bidang ekonomi industri dan perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini menjelaskan, pandemi menyebabkan efek meningkatnya angka pengangguran di Indonesia. Kondisi ini menyebabkan banyak masyarakat bergerak mencari pendapatan pada sektor informal. Sekira 70 juta masyarakat Indonesia saat ini bekerja pada sektor informal.

[irp]

Karena itu, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang akan dilakukan mulai Selasa (9/2) hingga 22 Februari mendatang dipandang bagus untuk menyeimbangkan pemutusan rantai pandemi dengan pemulihan ekonomi.

Kebijakan PPKM mikro tetap membatasi aktivitas masyarakat sekaligus mendorongnya untuk mematuhi protokol kesehatan. Di sisi lain, aktivitas ekonomi tetap berjalan sembari dilakukan pemberian vaksinasi.

International Monetary Fund atau IMF sendiri memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh  4,8 persen pada 2021. Menurut Rektor, pertumbuhan ekonomi diharapkan meningkat secara konsisten. Ini lebih baik daripada mengejar pertumbuhan yang signifikan tetapi mengabaikan pemulihan kesehatan.

[irp]

Rektor juga mendorong pemerintah berkomitmen penuh dalam menyediakan program perlindungan bagi masyarakat rentan. Strategi yang dilakukan bersifat jangka pendek serta jangka panjang.

“Strategi jangka pendek adalah bagaimana pemerintah membuka lapangan kerja, strategi panjangnya adalah bagaimana meningkatkan daya saing,” ujarnya.*

Share this: