Talkshow “Ayo Kenal Unpad” Sampaikan Informasi Kredibel tentang Unpad

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, PhD, (kedua dari kanan) bersama Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, M.T., PhD, (kanan) menjadi narasumber dalam talkshow

Laporan oleh Arif Maulana

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, PhD, (kedua dari kanan) bersama Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, M.T., PhD, (kanan) menjadi narasumber dalam talkshow Sosialisasi SNMPTN Unpad 2021 dalam acara Ayo Kenal Unpad (AKU) “Menuju SNMPTN 2021” yang digelar secara virtual, Senin (8/2). (Foto: Arif Maulana)*

[unpad.ac.id, 8/2/2021] Universitas Padjadjaran menyelenggarakan rangkaian acara gelar wicara (talkshow) Ayo Kenal Unpad (AKU) “Menuju SNMPTN 2021” secara virtual mulai Senin (8/2) hingga Kamis (11/2).

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi, PhD, mengatakan, talkshow ini digelar sebagai bagian dari program sosialisasi dan promosi SNMPTN yang dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Selain itu, acara juga diisi dengan presentasi seputar program yang ada di Unpad.

“AKU tujuan utamanya adalah promosi, bagaimana meningkatkan minat calon mahasiswa untuk ikut SNMPTN sekaligus meningkatkan minat mereka juga untuk memilih Unpad,” ungkap Dandi.

Di hari pertama, Senin (8/2), talkshow Ayo Kenal Unpad diisi dengan Sosialisasi SNMPTN Unpad 2021 dengan narasumber Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, PhD, serta Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, M.T., PhD.

Sementara pada Selasa (9/2) hingga Kamis (11/2), acara akan diisi dengan presentasi dari 16 fakultas yang ada di Unpad. Acara dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Unpad dan Instagram @universitaspadjadjaran.

Dalam presentasi tersebut, lanjut Dandi, perwakilan fakultas akan menyampaikan sejumlah informasi mengenai program studi yang bisa dipilih, informasi daya tampung, hingga tingkat keketatan program studi berdasarkan seleksi masuk tahun lalu.

Diharapkan informasi ini menjadi bayangan bagi calon mahasiswa mengenai sebesar apa peluang mereka untuk masuk menjadi mahasiswa Unpad.

Lebih lanjut Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad tersebut menjelaskan, Unpad secara khusus melakukan promosi disebabkan banyak calon mahasiswa yang galau memilih Unpad. Sementara banyak  informasi keliru maupun sesat (hoaks) yang beredar tentang seleksi masuk Unpad.

“Ada yang mengatakan Unpad tidak menerima pilihan kedua, ada juga yang menyebarkan mengenai passing grade, padahal Unpad tidak pernah mengeluarkan passing grade. Rumor itu yang menyebabkan banyak mahasiswa ragu memilih Unpad,” paparnya.

Untuk itu, Ayo Kenal Unpad menjadi salah satu sumber media resmi yang menyampaikan informasi kredibel tentang Unpad. Dandi menegaskan bahwa peluang untuk masuk Unpad lewat SNMPTN sangat mungkin diraih.

“Silakan diperhatikan AKU ini. Jangan terlalu khawatir akan ada diskriminasi. Unpad memastikan setiap orang punya kesempatan yang sama asalkan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan,” pungkasnya.*

Share this: