UMKM dan Infrastruktur Kunci Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19

Rilis

Suasana seminar daring “Peran BUMN dalam Transformasi Digital UMKM dan Penyediaan Infrastruktur di Era Revolusi Industri 4.0” yang digelar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Rabu (3/2) lalu.*

[unpad.ac.id, 9/2/2021] Indonesia memerlukan strategi besar untuk memulihkan perekonomian Indonesia akibat dari meluasnya pandemi Covid-19. Ada sejumlah sektor yang perlu dilakukan penanganan sebagai upaya pemulihan tersebut.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Wakil Ketua Umum Bidang UMKM dan Koperasi Kadin Indonesia Tehuh Anantawikrama dalam seminar daring “Peran BUMN dalam Transformasi Digital UMKM dan Penyediaan Infrastruktur di Era Revolusi Industri 4.0” yang digelar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Rabu (3/2) lalu.

Menurut Teguh, salah satu sektor yang perlu ditangani adalah keberlangsungan UMKM, khususnya yang bergerak di bidang pariwisata. Hampir 90 persen UMKM pariwisata terdampak akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Magister Ilmu Keberlanjutan Unpad Jalani Asesmen Lapangan oleh BAN PT Secara Daring

Dikutip dari laman Fakultas Hukum Unpad, upaya penanganan yang dapat ditempuh adalah melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Dalam hal ini, kolaborasi dengan akademisi dipandang penting.

“Akademisi diharapkan berperan untuk menghubungkan berbagai stakeholder melalu kajian-kajian yang dapat dilakukan,” kata Teguh.

Selain UMKM, pembangunan infrastruktur juga menjadi upaya penting dalam pemulihan ekonomi. Menurut Dosen Fakultas Hukum Unpad Danrivanto Budhijanto SH., LL.M in IT Law, FCBArb, PhD, pemulihan ekonomi pada masa pandemi harus didukung dengan infrastruktur yang baik.

“Infrastruktur harus diberikan tempat pada posisi yang tidak ditawar, dan bukan sesuatu yang harus banyak diperdebatkan,” katanya.

Baca juga: Fkep Unpad Gelar Simposium Internasional, Bahas Kesehatan Mental

Sementara itu, Direktur Utama PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia Wahid Sutopo mengatakan, infrastruktur merupakan katalis bagi pembangunan nasional. Sektor ini menjadi salah satu instrumen bagi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan.

Seminar daring ini digelar atas kerja sama FH Unpad dengan  PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia, Kadin Indonesia, dan konsultan hukum “Legalkeun:”. Acara dibuka secara resmi oleh Dekan FH Unpad Dr. Idris, M.H.(arm)*

Share this: