Dorong Hilirisasi Riset, Unpad Jalin Kerja Sama dengan PT. Ciomas Adisatwa

ciomas adisatwa
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kuasa Direksi PT. Ciomas Adisatwa Achmad Dawami dengan disaksikan Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr. Rahmat Hidayat, M.Si., di selasar lantai dua Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (24/3) siang. (Foto: Arif Maulana)*

[unpad.ac.id] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan PT. Ciomas Adisatwa, salah satu perusahaan di bawah naungan Japfa Group. Perusahaan penyedia karkas ayam tersebut ingin menjalin kerja sama dengan Unpad pada bidang tridarma.

Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Kuasa Direksi PT. Ciomas Adisatwa Achmad Dawami di selasar lantai dua Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (24/3) siang. Acara penandatanganan tersebut disaksikan langsung Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr. Rahmat Hidayat, M.Si.

Rektor mengatakan, kerja sama dengan PT. Ciomas Adisatwa merupakan momentum penting, khususnya bagi penguatan peran Fapet Unpad. Pasalnya, Fapet Unpad sudah memiliki banyak hasil riset dan paten di bidang peternakan.

“Saya rasa banyaknya hasil riset dan paten ini sudah harus dikolaborasikan dengan industri,” kata Rektor.

Sedang di sisi industri, saat ini seharusnya memerlukan mitra dari perguruan tinggi. Utamanya adalam memanfaatkan berbagai kepakaran dan hasil penelitian dari akademisi. Diharapkan, kolaborasi akademisi dan industri bisa menciptakan nilai tambah ekonomi di sektor peternakan.

“Kami di kampus tidak mungkin melakukan nilai tambah ekonomi tanpa mendukung industri. Sebaliknya, industri sebagai garda di dalam penciptaan nilai tambah perekonomian,” imbuh Rektor.

Rektor menuturkan, salah satu hasil kolaborasi ini diharapkan mampu menyediakan kebutuhan pangan dari sektor peternakan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat. Untuk itu, kerja sama ini didorong tidak sebatas bekerja di internal, tetapi hasilnya bisa dihilirisasikan untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

“Mohon kerja sama apa pun, ujung-ujungnya bagaimana kita bisa menyediakan kebutuhan pangan nomor satu di Indonesia dengan harga terjangkau dan berkualitas,” pungkas Rektor.

Sementara Achmad Dawami menuturkan, konsumsi protein hewani mutlak dilakukan oleh masyarakat. Ini disebabkan, protein hewan merupakan satu-satunya protein dengan kandungan terlengkap yang bisa mendorong peningkatan kecerdasan masyarakat.*

Baca juga: Pencari Kerja Padati Ika Unpad Job Fair 2016

Share this: