Pendaftaran Seleksi Program Sarjana Terapan Unpad Dibuka

sarjana terapan unpad
Aktivitas pembelajaran dari program Sarjana Terapan Universitas Padjadjaran. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id] Universitas Padjadjaran akan menyelenggarakan seleksi Program Sarjana Terapan tahun akademik 2021/2022. Pendaftaran seleksi Sarjana Terapan Unpad dibuka pada Senin (22/3) hingga 5 Juli 2021.

Dikutip dari laman resmi SMUP Unpad, seleksi Sarjana Terapan Unpad dapat diikuti oleh peserta yang merupakan lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, dan 2021, atau lulusan Paket C dengan maksimal usia 25 tahun.

Pendaftaran seleksi program Sarjana Terapan Unpad dilakukan melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Prosedur

Adapun tata cara pendaftaran seleksi Program Sarjana Terapan Unpad adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju;

2. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:

  • Nama Lengkap;
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  • Alamat E-Mail;
  • Nomor Ponsel;
  • Mengisikan passwordyang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP);
  • Data Kewarganegaraan (country of citizenship).

3. Mengupload dokumen asli sebagai berikut:

  • Ijazah SMA/MA/SMK/Paket C;
  • Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm;
  • Kartu Tanda Penduduk;
  • Kartu Keluarga

4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran daring;

5. Biaya pendaftaran sebesar Rp150.000;

6. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali;

7. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Masa pembayaran biaya seleksi dilakukan mulai 22 Maret hingga 5 Juli 2021 pukul 15.00 WIB. Jadwal ini juga berlaku untuk masa isi data dan unggah dokumen persyaratan.

Pelaksanaan Tes

Pelaksanaan tes seleksi program Sarjana Terapan Unpad dilakukan secara daring dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ini berarti, peserta bisa mengikuti tes dari rumah masing-masing.

Seleksi menggunakan sistem CAT wajib menggunakan perangkat laptop dengan spesifikasi minimal menggunakan sistem operasi windows 7, 8, dan 10; prosesor minimal Intel i3, RAM setara atau minimal 4 GB, serta memiliki fitur WebCam yang berfungsi dengan baik.

Peserta juga wajib memiliki koneksi internet dengan kecepatan minimal 1 Mbps dan kuota internet minimal 2 GB. Informasi lebih lanjut mengenai teknis detail ujian CAT bisa dilihat di laman berikut.

Panitia akan melakukan simulasi ujian pada 13 Juli 2021. Informasi akan disampaikan melalui SMS ke nomor peserta yang terdaftar. Ujian seleksi program Sarjana Terapan Unpad akan digelar pada 15 Juli 2021. Sementara pengumuman ujian akan dibuka pada 22 Juli 2021.*

Share this: