Prof. Faisal Afiff, Guru Besar FEB Unpad Meninggal Dunia

faisal afiff
Prof.Dr. Faisal Afiff, Spec.Lic. (Foto: Adil Mukti)*

[unpad.ac.id] Prof.Dr. Faisal Afiff, Spec.Lic., Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran meninggal dunia pada usia 81 tahun, Minggu (28/3) pukul 8.45 WIB. Almarhum mendapat penghormatan terakhir dari keluarga besar Unpad dalam upacara pelepasan yang digelar di Masjid Al-Jihad Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Minggu (28/3).

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, saat menyampaikan kata-kata pelepasan mengatakan, almarhum Prof. Faisal Afiff merupakan akademisi yang menghasilkan banyak karya, salah satunya adalah buku-buku ilmiah.

Hingga kini, puluhan buku yang dihasilkannya masih menjadi referensi bagi sivitas akademika Unpad maupun masyarakat umum.

“Selamat jalan Prof. Faisal Afiff, Insyaallah karya-karya beliau akan terus dimanfaatkan terutama oleh Unpad,” kata Rektor.

Mendiang Prof. Faisal Afiff lahir di Cirebon, 9 November 1939. Menamatkan program Sarjana Muda jurusan Ekonomi Perusahaan Fakultas Ekonomi Unpad pada 1962 kemudian dilanjut pada program Sarjana jurusan Ekonomi Perusahaan FE Unpad pada 1968.

Selama menempuh program Sarjana, almarhum sudah mengabdikan diri sebagai akademisi di Unpad. Kemudian, Prof. Faisal Afiff melanjutkan studi Spesialis Ilmu Marketing dan Distribusi, Fakultas Ekonomi Universitas Gent, Belgia pada 1975, serta program Doktor Ilmu Ekonomi di universitas yang sama pada 1979.

Suasana salat jenazah berjemaah pada upacara pelepasan Prof.Dr. Faisal Afiff, Spec.Lic., yang digelar di Masjid Al-Jihad Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Minggu (28/3). (Foto: Dadan Triawan)*

Almarhum juga menempuh studi Pascadoktoral di University of Tuebingen, Jerman, pada 1997. Prof. Faisal Afiff merupakan pakar pada bidang ilmu arketing dan distribusi.

Selama mengabdi di Unpad, almarhum tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan. Mulai dari Direktur Yayasan Badan Penerbit FE Unpad (1965 – 1971), Ketua Biro Urusan Pendidikan FE Unpad (1969-1971), hingga anggota Senat Unpad.

Di luar kegiatan akademiknya, Prof. Faisal Afiff pernah menjadi anggota Tim Ahli Badan Pekerja MPR (1997-1998) serta konsultan pengembangan regional.

Usai upacara pelepasan, almarhum langsung dikembumikan di TPU Sirnaraga, Bandung. Seluruh keluarga besar Unpad menyampaikan duka mendalam atas kepergian almarhum. Selamat jalan Prof. Faisal Afiff.*

Share this: