Unpad dan Pemkab Sumedang Sepakati Sejumlah Agenda Kerja Sama

pemkab sumedang
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman melakukan kunjungan dan diskusi terbatas dengan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan sejumlah pimpinan Unpad di selasar lantai II Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (24/3). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 24/3/2021] Universitas Padjadjaran bersama Pemerintah Kabupaten Sumedang sepakat akan melaksanakan sejumlah program kerja sama pengembangan wilayah. Diharapkan, kerja sama ini dapat melahirkan sejumlah inovasi yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan Sumedang.

Kesepakatan kerja sama tersebut muncul dari hasil kunjungan yang dilakukan Sekda Sumedang Herman Suryatman bersama sejumlah pimpinan di Pemkab Sumedang ke kampus Unpad. Kunjungan diterima secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti bersama sejumlah pimpinan universitas dan fakultas di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (24/3).

“Kita ingin melakukan akselerasi, bukan kerja sama biasa. Situasi saat ini, Sumedang saat merasakan efek dari triple disruption,” kata Herman.

Munculnya kondisi triple disruption akibat adanya pandemi Covid-19, meningkatnya angka usia milenial, hingga masifnya penggunaan teknologi digital, merupakan fenomena gunung. Jika tidak disiasati, kondisi ini akan memberikan dampak siginifikan.

Karena itu, Pemkab Sumedang berupaya melakukan sejumlah mitigasi dalam menghadapi situasi tersebut. Salah satunya adalah menguatkan kerja sama dengan Unpad yang sudah berjalan cukup lama.

Herman mengatakan, kerja sama dengan perguruan tinggi diharapkan dapat melahirkan inovasi. Model kolaborasi kuat dengan perguruan tinggi ini bisa menjadi acuan bagi kabupaten lain di Indonesia.

“Sejauh pengalama saya, belum ada kabupaten yang punya kerja sama kuat dengan perguruan tinggi. Yang ada hanya parsial saja,” kata Herman.

Melalui kunjungan ini, pihaknya akan melakukan evaluasi sekaligus revitalisasi dari program kerja sama yang selama ini sudah berjalan dengan Unpad. “Kami siap diinseminasi oleh Unpad,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor mengapresiasi komitmen Pemkab Sumedang dalam menguatkan kerja sama dengan Unpad. Hal ini bisa disinergikan dengan sejumlah program kemitraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: Prof. Arief Anshory Yusuf Pimpin Forum Dewan Guru Besar Indonesia 2021-2023

“Kita siap selalu menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Sumedang,” kata Rektor.

Kerja Sama Banyak Sektor

Dari hasil kunjungan tersebut, Unpad dan Pemkab Sumedang menyepakati sejumlah program kerja sama di berbagai sektor. Di sektor pertanian, Unpad dan Pemkab sepakat kembali menjalankan program Smart Farming di Kabupaten Sumedang.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang Ir. Amim menjelaskan, Smart Farming merupakan program unggulan yang diinisiasi Unpad dan Pemkab Sumedang sejak setahun terakhir. Namun, kinerjanya masih belum operasional.

“Kita ingin program ini kembali berjalan, untuk memberikan nilai tambah,” kata Amim.

Selain itu, program di bidang pertanian lainnya adalah pemberdayaan petani di Sumedang hingga uji mutu komoditas unggulan Sumedang.

Sementara di sektor agrowisata, Unpad dan Pemkab sepakat akan melakukan pemasaran digital dari Sumedang sebagai pusat kebudayaan Sunda. Di sektor kesehatan, Unpad dan Pemkab sepakat akan mengembangkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Sumedang.

Selain itu, Pemkab juga akan meminta bantuan Unpad terkait kearsipan dan pengelolaan perpustakaan.*

Share this: