Menko Airlangga Hartarto: Ekonomi Digital Mampu Akselerasi Pemulihan Ekonomi

Menko Airlangga
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menjadi pembicara kunci pada webinar “Membangun Ekosistem Digital: Optimalisasi Potensi Ekonomi Digital Indonesia” yang diselenggarakan Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar) Universitas Padjadjaran, Jumat (23/4).*

[unpad.ac.id] Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyebut, potensi sektor ekonomi digital di Indonesia sangat besar. Apalagi, pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi ekonomi digital untuk mampu mengakselerasi pemulihan ekonomi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Demikian disampaikan Airlangga Hartarto saat menyampaikan paparan kunci pada Webinar “Membangun Ekosistem Digital: Optimalisasi Potensi Ekonomi Digital Indonesia” yang diselenggarakan Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar) Universitas Padjadjaran, Jumat (23/4).

Menko Airlangga menjelaskan, PDB ekonomi digital Indonesia mampu tumbuh sebesar 11 persen pada 2020. Dalam jangka panjang, besaran kontribusi ekonomi digital terhadap PDB dapat tumbuh sebesar 3 persen.

Untuk itu, pemerintah berupaya melakukan transformasi digital sebagai wujud dari pemulihan ekonomi pasca-pandemi. Sejumlah target dari upaya transformasi digital di tahun 2024 adalah memberikan kontribusi tambahan terhadap pertumbuhan PDB sebesar 1 persen per tahun, hingga pembukaan 2,5 juta lapangan kerja.

“Perkembangan ekonomi digital perlu kita dorong guna mencapai target-target tersebut,” kata Menko Airlangga.

Salah satu sektor yang didorong adalah UMKM. Menurutnya, UMKM menjadi sektor yang bisa dilakukan transformasi digital. Sebagai sektor yang menyumbang PDB nasional sebesar 61,7 persen serta berkontribusi menyediakan 97 persen lapangan kerja, UMKM Indonesia didorong untuk ekspansi ke sektor digital, sehingga pasarnya jauh lebih luas.

Dengan dukungan kuat melalui regulasi dan penguatan infrastruktur, hingga akhir 2020 tercatat sudah 11 juta UMKM sudah berorientasi digital. Pemerintah sudah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM sudah berorientasi digital pada 2030 mendatang.

“Transformasi ekonomi melalui integrasi digital dalam pengembangan dan pemberdayaan UMKM dapat menjadi salah satu kunci dalam mewujudkan visi Indonesia di tahun 2045,” tutup Menko Airlangga.

Webinar yang dibuka secara resmi oleh Direktur Utama Injabar Unpad Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., menghadirkan tiga pembicara, antara lain Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia Bima Laga, serta Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Dr.rer.pol. Hamzah Ritchim M.BIT., Ak.*

Share this: