Rektor Dorong IDIK Unpad Kokohkan Literasi Informasi di Masyarakat

Laporan oleh Arif Maulana

IDIK Unpad

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si., melantik pengurus Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi atau IDIK Unpad Periode 2021-2024, yang digelar dengan kombinasi luring dan daring dari Ruang Serba Guna Lantai 4 Gedung 2 Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung. Rabu (7/4). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 8/4/2021] Rektor Universitas Padjadjaran mengharapkan para lulusan program Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran mampu berkontribusi dalam menerapkan pola komunikasi yang baik di masyarakat. Penerapan ini menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Rektor saat menyampaikan sambutan secara virtual dalam acara pelantikan pengurus Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi atau IDIK Unpad Periode 2021-2024, Rabu (7/4). Pelantikan digelar dengan kombinasi luring dan daring yang disiarkan langsung dari Ruang Serba Guna Lantai 4 Gedung 2 Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung.

Baca juga:  Sebanyak 22 Mahasiswa Unpad Siap Berlomba di Peksiminas 2020

Rektor mengatakan, seiring perkembangan teknologi informasi berbasis digital semakin marak, apalagi di masa pandemi Covid-19, masyarakat ternyata masih sulit membedakan informasi yang benar maupun yang bohong (hoaks).

Karena itu, IDIK Unpad diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mampu mengenali beragam jenis informasi hoaks yang beredar. Dengan demikian, organisasi ini turut berkontribusi mencerdaskan bangsa.

“Banyak aliran informasi masuk ke gawai kita, ke komputer kita, begitu deras. Terkadang tanpa adanya pengetahuan yang baik, masyarakat kita kadang-kadang menjadi terkaburkan,” kata Rektor.

Buat Terobosan

Sebagai organisasi alumni program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad yang berdiri sejak 2017, Rektor berpendapat, keberadaan IDIK menjadi penting. Pasalnya, IDIK memiliki anggota yang tersebar di dalam maupun luar negeri dan menduduki sejumlah jabatan penting.

Baca juga:  BEM FH Unpad Sampaikan Sikap Terkait Penegakan HAM di Indonesia

Karena itu, Rektor mendorong IDIK mampu membuat program terobosan, utamanya menghasilkan program yang mampu meningkatkan literasi masyarakat Indonesia di era informasi digital.

”Kami menantikan program, kiprah, atau karya yang ujungnya adalah bagaimana informasi itu sangat penting dikomunikasikan dengan cara yang tepat, maka masyarakat akan teredukasi,” klata Rektor.

Pelantikan pengurus IDIK Unpad Periode 2021=2024 dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si. Jabatan ketua umum IDIK Unpad 2021-2024 dipegang oleh Dr. Pitoyo, M.I.Kom.*