KPPU RI
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti bersama Ketua KPPU RI Kodrat Wibowo menunjukkan Nota Kesepahaman kerja sama Unpad-KPPU RI yang sudah ditandatangani di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (16/4). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 16/4/2021] Universitas Padjadjaran kembali menjalin kerja sama dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU RI. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang digelar di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (16/4).

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan langsung oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Ketua KPPU RI Kodrat Wibowo. Kerja sama dilakukan terkait pelaksanaan tridarma perguruan tinggi serta pencegahan, pengawasan, dan penegakan hukum bersama di bidang persaingan usaha dan kemitraan.

Rektor mengatakan, kerja sama Unpad dengan KPPU RI sudah terjalin sejak lama. Salah satu implementasi kerja sama tersebut adalah hadirnya Pojok KPPU yang saat ini berlokasi di Perpustakaan Pusat Unpad di kampus Jatinangor.

Hadirnya Pojok KPPU di Unpad banyak digunakan oleh mahasiswa. Tidak hanya dari Fakultas Hukum atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis saja, tetapi dari berbagai bidang keilmuan lain yang ingin mendalami tentang bagaimana praktik pengawasan persaingan usaha dilakukan.

Situasi pandemi Covid-19 yang mendorong sistem pembelajaran beralih menjadi daring membuat tidak banyak mahasiswa yang mengunjungi Pojok KPPU. Karena itu, melalui kerja sama ini, Rektor mendorong KPPU RI bisa melengkapi pojok dengan beragam konten digital yang bisa diakses tidak hanya oleh mahasiswa Unpad tetapi juga oleh umum.

“Unpad sudah praktikkan kombinasi pembelajaran daring dan luring. Kami berharap KPPU silakan memberikan pengayaan konten digital,” kata Rektor.

Sementara itu, Kodrat mengapresiasi kerja sama KPPU RI dengan Unpad yang sudah terjalin sejak 2013 silam. Selama itu, sudah banyak bentuk kerja sama yang dilakukan. Mulai dari menggelar diskusi bersama, menghadirkan sejumlah narasumber, hingga menyusun draf Indeks Kompetisi yang akan dilakukan kembali.

Kodrat yang juga Dosen FEB Unpad ini menjelaskan, Pojok KPPU yang ada di kampus Unpad merupakan pojok pertama yang dikembangkan otoritas persaingan usaha di Indonesia tersebut. Ruangan ini ternyata dijadikan contoh untuk dikembangkan di perguruan tinggi lain,

“Bahkan dari pihak Pemprov Jabar pun menginginkan adanya Pojok KPPU seperti yang ada di Unpad,” kata Kodrat.

Kodrat berharap, perpanjangan kerja sama untuk kedua kalinya ini bisa semakin menghasilkan luaran yang bermanfaat untuk kedua lembaga.

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman, dilakukan pula penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Dekan FH Unpad Dr. Idris, M.A., dengan Sekretaris KPPU RI Charles Pandji Dewanto.*

Share this: