Unpad Punyai Lima Guru Besar Baru

Laporan oleh Arif Maulana

guru besar

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti memberikan sambutan dalam acara penyerahan Keputusan Mendikbud RI tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen kepada lima Guru Besar baru di ruang Executive Lounge kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (12/4). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 12/4/2021] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menyerahkan Keputusan Mendikbud RI tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen kepada lima Guru Besar baru di ruang Executive Lounge kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (12/4).

Lima Guru Besar baru tersebut antara lain Prof. Dr. Ahmad Faried, PhD dari Fakultas Kedokteran, Prof. Ir. Dedi Ruswandi, M.Sc., PhD, dari Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Maman Setiawan, M.T., dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof. Dr. Nia Rossiana, M.S., dari Fakultas MIPA, dan Prof. Dr. Vita Murniati Tarawan, dr., Sp.OG., M.Kes., dari Fakultas Kedokteran.

Dalam sambutannya Rektor mengharapkan para guru besar baru bisa memotivasi para dosen lain untuk bisa menaikkan jabatan akademiknya menjadi guru besar. Upaya ini bertujuan untuk mencapai standar persentase minimal jumlah guru besar, yaitu minimal 10 persen dari jumlah tenaga pendidik yang ada.

Baca juga:  Menristek: Inovasi Tes CePAD Unpad dan GeNose UGM Berperan Penting dalam Penanganan Covid-19

“Idealnya, proporsi profesor itu 10 persen dari jumlah dosen. Kalau jumlah dosen kita 2.000-an, maka kita perlu 200 guru besar. Dengan adanya lima guru besar baru, jumah profesor kita menjadi 174 orang,” kata Rektor.

Untuk itu, Rektor mendorong agar setiap guru besar di Unpad bisa menghasilkan satu guru besar baru. Cara ini diharapkan bisa mencapai proporsi ideal dari jumlah guru besar di Unpad. “Penambahan jumlah profesor menjadi prioritas bagi Unpad,” ucapnya.

Selain itu, Rektor juga meminta para guru besar baru untuk tetap meneruskan semangat produktivitasnya. Para guru besar diharapkan tetap melakukan riset berstandar internasional dan melakukan publikasi, sehingga bisa berpengaruh pada rekognisi Unpad di tingkat internasional.

Baca juga:  Pandemi Covid-19 Percepat Transformasi Pendidikan di Perguruan Tinggi

Dalam acara penyerahan keputusan tersebut, hadir Sekretaris Dewan Profesor Unpad Prof. Dr. Arlette Suzy Puspa Pertiwi, drg., Sp.KGA, M.Si., Direktur Sumber Daya Manusia Aulia Iskandarsyah, PhD, Dekan FEB Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, M.S., Ak., Dekan FK Dr. Yudi Hidayat, dr., Sp.OG(K), Dekan FMIPA  Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si., serta Dekan Faperta Dr. Ir. Meddy Rachmadi, M.P.*