Perkuat Kolaborasi, FPIK Unpad Gelar Research Talk

Rilis

Suasana kegiatan Research Talk FPIK Unpad Series I secara virtual, Jumat (30/4) lalu.*

[unpad.ac.id, 4/5/2021] Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Research Talk FPIK Unpad Series I secara virtual, Jumat (30/4) lalu.

Acara bertema “Strategi Riset Kerja Sama dengan Mitra Asing di bidang Perikanan dan Kelautan” ini menghadirkan sejumlah narasumber. Antara lain Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat BRIN Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M. Eng., IPU; perwakilan Pusrikel KKP RI Dr-Ing. Widodo Setiyo Pranowo, ST., M.Si.; serta Dosen Fakultas Hukum Unpad Achmad Gusman C. Siswandi, PhD.

Wakil Dekan bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Riset FPIK Unpad Dr. Ir. Rita Rostika, MP menyampaikan betapa pentingnya membangun kerja sama tridarma dengan mitra asing.

Baca juga:  Jabatan Fungsional Dorong Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan

“Maka dengan pendekatan yang baik, penelitian bersama mitra asing menjadi kegiatan kolaborasi rutin yang penting untuk meningkatkan publikasi ilmiah, kerjasama internasional dan memberikan dampak pada masyarakat,” kata Rita.

Rita menuturkan, kegiatan kolaborasi diskusi ilmiah ini merupakan upaya FPIK Unpad untuk tetap aktif selama pandemi covid 19.

Dalam acara yang dimoderatori Dosen FPIK Unpad Noir Primadona Purba, M.Si., itu, Prof. Heri menjelaskan berbagai skema yang dapat dikolaborasikan dengan peneliti asing terutama yang dikelola oleh BRIN.

Kemudian Widodo Setiyo Pranowo, ST., M.Si menjelaskan teknik dan strategi untuk berkolaborasi dengan pihak asing serta teknis administrasinya. Selanjutnya Achmad Gusman menjelaskan beberapa poin penting terkait tantangan berkolaborasi dari sisi hukum internasional termasuk pengelolaan sumber daya laut.(arm)*