UPZ Unpad Salurkan Zakat kepada Mustahik di Lingkungan Kampus dan Warga Jatinangor

Suasana penyaluran zakat yang dilakukan UPZ Unpad kepada 27 mustahik di lingkungan kampus serta warga di sekitar kampus Unpad Jatinangor, Rabu (12/5).*

[unpad.ac.id] Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Padjadjaran melakukan penyaluran zakat kepada para mustahik di lingkungan kampus serta warga di sekitar kampus Unpad Jatinangor. Sebanyak 27 mustahik menerima zakat dari pengurus UPZ Unpad.

Penyaluran zakat dilakukan di Masjid Raya Unpad (MRU) kampus Jatinangor, Rabu (12/5). Dalam kesempatan tersebut, UPZ Unpad menyalurkan total zakat sebesar Rp 20 juta kepada 13 mahasiswa Unpad yang tidak bisa mudik dan menetap di Jatinangor, 3 tenaga keamanan MRU, 1 marbut MRU, serta 10 guru mengaji dari 3 dusun di Jatinangor.

Zakat ini bersumber dari dana zakat yang terhimpun pada periode kepengurusan UPZ Unpad tahun 2020.

Kegiatan ini menjadi program perdana dari kepengurusan UPZ Unpad 2021-2021. Ketua UPZ Unpad Dr. Hazbini, M.Ag., menjelaskan, program ini menjadi satu dari beragam program penyaluran dana zakat kepada para mustahik yang berhak, khususnya dari kalangan internal Unpad dan masyarakat di sekitar kampus.

“Hal ini dimaksudkan sebagai wujud pelaksanaan program kegiatan yang memprioritaskan pada lingkungan terdekat, mengingat bahwa dana zakat yang terhimpun dari sivitas akademika Unpad dapat dirasakan manfaatnya bagi sivitas akademika Unpad pula,” ujar Hazbini dalam keterangan tertulis kepada Kantor Komunikasi Publik Unpad, Kamis (14/5).

Pada kesempatan tersebut, Bendahara UPZ Unpad, Nurhayati, S.E, M.Ak. menyampaikan laporan tertulis mengenai posisi kas pada buku tabungan UPZ Unpad. Per April 2021, saldo UPZ Unpad sebesar Rp 128.134.233,80.

Kondisi keuangan ini memungkinkan UPZ Unpad untuk melaksanakan kembali program kegiatan penyaluran dana kepada para mustahik, khususnya kepada tenaga kependidikan di lingkungan Unpad. Rencananya, penyaluran dana akan dilakukan pada momentum Halabihalal Unpad.

Sebagai wujud apresiasi dan dukungan terhadap UPZ Unpad, sejumlah pimpinan Baznas Jawa Barat hadir dalam acara penyaluran zakat tersebut. Sejumlah pimpinan yang hadir antara lain Rahmat Ari K., (Wakil Ketua Bidang Penghimpunan), Budi Raharja (Kadiv Strategi dan Kerjasama), Yuningsih,  (RM UPZ), dan Akhmad Nur Ramadhian (Kadep Humas).

Tidak hanya itu, Ketua Baznas Jabar K.H. Anang Jauharuddin juga telah menginstruksikan UPZ Unpad untuk melakukan penyaluran zakat dari hasil dana yang terkumpul dan disetor ke Baznas Jabar.(rilis)*

Share this: