Brian Jevon Tanuwijaya Jadi Jajaka Pinilih Kabupaten Purwakarta 2021

Laporan oleh Artanti Hendriyana

Mahasiswa Program Studi Sastra Sunda Unpad Brian Jevon Tanuwijaya, Jajaka Pinilih Kabupaten Purwakarta 2021.*

[unpad.ac.id, 8/6/2021] Mahasiswa Sastra Sunda Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran Brian Jevon Tanuwijaya dinobatkan sebagai Jajaka Pinilih Kabupaten Purwakarta 2021 dalam acara Grand Final Pasanggiri Mojang dan Jajaka Purwakarta yang dilaksanakan di Bale Yudhistira Purwakarta, 24 Maret 2021 lalu.

Saat diwawancarai Kantor Komunikasi Publik (KKP) Unpad, Brian mengatakan bahwa dengan mengikuti ajang tersebut, Brian ingin meningkatkan kemampuan diri. Ia juga ingin mengangkat budaya daerah, khususnya Purwakarta dimana ia dibesarkan.

“Saya ikut Mojang Jajaka karena punya keinginan untuk self improvement,” ujar Brian.

Menurut Brian, ada banyak hal yang menarik dari Purwakarta yang berpotensi untuk diangkat dan dikembangkan. Ia pun meyakini bahwa Mojang Jajaka dapat berperan untuk mengangkat potensi tersebut, termasuk dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Baca juga:  Unpad-ANRI Tuntaskan Diklat Fungsional Pengangkatan Arsiparis Tingkat Ahli

“Jadi mojang jajaka punya peran untuk membantu UMKM dalam segi promosinya, atau menjadi narahubung antara UMKM dan pihak terkait,” tutur Brian.

Setelah terpilih menjadi juara pada ajang tersebut, Brian pun berharap dapat terus konsisten untuk melakukan dan menghasilkan kebaikan. Peningkatan kemampuan diri juga terus dilakukan.

“Yang pastinya inginnya untuk bermanfaat bagi orang sekitar,” harapnya.

Pasanggiri Mojang dan Jajaka Purwakarta 2021 diikuti oleh sekitar 250 peserta. Seleksi dilakukan kombinasi daring dan luring.

Berbagai tahapan seleksi harus dilalui peserta. Tahapan tersebut diantaranya pemberkasan, audisi online, karantina online, pembuatan karya tulis ilmiah dan presentasi, unjuk kabisa, hingga grand final.(arm)*