Dosen Kesejahteraan Sosial Unpad Beri Kuliah Umum di Universiti Utara Malaysia

Dosen Prodi Kesejahteraan Sosial FISIP Unpad Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, M.Si. menjadi dosen tamu dalam kuliah umum di Universiti Utara Malaysia, Selasa (1/6).*

[unpad.ac.id] Dosen Program Studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos., M.Si menjadi dosen tamu dalam kuliah umum virtual tentang “Social Work and Social Harmony in Indonesia” di School of Applied Psychology, Social Work & Policy Universiti Utara Malaysia, Selasa (1/6).

Dalam materinya, Dr. Soni menjelaskan tentang praktik pekerjaan sosial di Indonesia mulai dari keorganisasian profesi, pendidikan pekerjaan sosial di Indonesia hingga peran pekerja sosial dalam menciptakan harmonisasi sosial.

“Pekerja sosial harus mampu menggunakan metode-metode pekerjaan sosial untuk menciptakan harmonisasi sosial. Pekerja sosial dapat berperan dalam memberikan edukasi pendidikan harmoni, memberikan terapi-traumatic healing dan sebagai mediator ketika tejadi konflik.” kata Soni.

Lebih lanjut, Ketua Departemen Kesejahteraan Sosial ini menjelaskan bahwa bertepatan dengan peringatan hari lahirnya Pancasila di Indonesia, semangat untuk menciptakan lingkungan harmoni ditengah keberagaman harus semakin digelorakan. Begitupun bagi pekerja sosial, Pancasila sendiri harus dijadikan sebagai dasar dalam mengupayakan harmonisasi sosial.

“Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan, Pancasila merajut keragaman menjadi keindahan dan Pancasila itu menyatukan,” ujar Soni.

Sementara itu dalam sambutannya, Dekan School of Applied Psychology, Social Work, and Policy Universiti Utara Malaysia, Assoc. Prof. Dr. Abdul Razak Abd Manaf mengatakan bahwa kuliah umum ini sangat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pekerjaan sosial, khususnya di Malaysia. Melalui kegiatan ini kedua negara dapat saling belajar mengenai praktik pekerjaan sosial masing-masing.

Kuliah tamu ini juga diharapkan memperkuat kerja sama antara Departemen Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran dengan School of Applied Psychology, Social Work & Policy Universiti Utara Malaysia.

Sebelumnya, Mdm. Rusimah Sayuti, Program Coordinator Bachelor of Social Work Management, School of Applied Psychology, Social Work and Policy, Universiti Utara Malaysia juga mengisi kuliah tamu di Program Studi Sarjana Kesejahteraan Sosial Unpad, Kamis (27/5) lalu.(rilis)*

Baca juga: Unpad, AIS Forum, dan UNDP Gelar Webinar Bahas Ekonomi Biru

Share this: