FTG Unpad Buka Pendaftaran Program Double Degree Magister dengan Akita University Jepang

Presentasi program double degree Magister Teknik Geologi Unpad dan Akita University yang diselenggarakan secara daring pada Sabtu (19/6) lalu.

[unpad.ac.id] Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran (FTG Unpad) bekerja sama dengan Graduate School of International Resource Sciences Akita University Jepang memberikan kesempatan kepada 5 kandidat terbaik calon mahasiswa Magister (S2) untuk mengikuti program double degree Magister Teknik Geologi. Kegiatan sosialisasi program double degree ini telah diselenggarakan secara daring pada Sabtu (19/6) lalu dan diikuti oleh para sarjana yang baru lulus serta mereka yang telah bekerja di berbagai instansi dan perusahaan.

“Para mahasiswa double degree ini setelah lulus nanti akan memperoleh 2 ijazah dan 2 gelar dari Universitas Padjadjaran dan Akita University,” ujar Kepala Unit Internasionalisasi FTG Unpad, Dr. Eng. Santi Dwi Pratiwi, dalam sosialisasi daring tersebut.

Pada kesempatan tersebut,Dr. Eng Santi Dwi Pratiwi mempresentasikan tentang bagaimana proses administrasi dokumen di Unpad dan Akita University, fasilitas laboratorium dan asrama mahasiswa yang tersedia di Akita University, hingga proses keberangkatan mahasiswa ke Jepang dan kelulusannya nanti. Program double degree ini fokus pada konsentrasi petroleum dan mineral resources, dengan lebih detailnya ke petroleum geology, metal ore deposit, mineral resources & tectonics, resource policy & management, advanced petrology, geothermal, earth resource engineering, dan geophysical exploration for petroleum.

Lebih lanjut Dr. Eng. Santi Dwi Pratiwi menjelaskan, setelah dinyatakan lulus seleksi oleh Unpad, para peserta akan menjalani seleksi oleh Akita University berupa research proposal plan examination dan wawancara secara daring. Begitu pun saat akan lulus nanti, mahasiswa akan melakukan 2 kali thesis examination dari Unpad dan Akita University.

Sementara Wakil Dekan Pembelajaran Kemahasiswaan dan Inovasi FTG Unpad, Prof. Euis Tintin Yuningsih, memaparkan, proses interview berupa oral examination/presentation secara daring dengan Akita University akan dilaksanakan pada awal Agustus 2021. Setelah mengikuti seleksi tersebut dan dinyatakan lolos, mahasiswa harus mempersiapkan proses dokumen lebih lanjut seperti pembuatan acceptance letters yang akan dibantu oleh International Unit FTG Unpad.

Calon mahasiswa yang berminat dapat langsung mendaftar dengan mengunjungi laman pendaftaran.unpad.ac.id hingga batas akhir pendaftaran ditutup 19 juli 2021 mendatang. (Rilis oleh Marlina/FTG)*

Share this: