FTG Unpad dan Japan Space Systems Sukses Gelar Program Magang bagi Mahasiswa

Suasana
Suasana presentasi Final Presentation Project International Internship Program  at Japan Space Systems Batch 1 yang digelar Fakultas Teknik Geologi Unpad secara daring , Jumat (11/6) lalu.*

[unpad.ac.id] Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran dan Japan Space Systems sukses melaksanakan program magang (internship) secara daring pada 11 Mei – 11 Juni lalu. Sebanyak tiga mahasiswa Sarjana Teknik Geologi Unpad mengikuti program magang ini.

Tiga mahasiswa tersebut yaity Reza Ramanda Putra, Ghina Fahira, dan Farrel Bariz Atalla. Selain mempelajari berbagai teknologi di bidang geologi, ketiganya juga diminta untuk membuat proyek final di bidang kebumian.

Sebagai penutup dari kegiatan magang, ketiganya mempresentaikan hasil final project dalam acara Final Presentation Project International Internship Program  at Japan Space Systems Batch 1 secara daring , Jumat (11/6) lalu.

Acara ini diikuti  oleh Dekan FTG Unpad Prof Mega Fatimah Rosana, Ketua Program Studi S1 Teknik Geologi Dr. Rd Irvan Sophian,Kepala Unit Internasional Fakultas Teknik Geologi  Dr. Santi Dwi Pratiwi, Director International Cooperation Department Kazuyo Hirose., PhD, International Cooperation Department  Tomini Takeda, dan Senior Research japan Space System Shinsaku Nakamura.

Dikutip dari laman FTG Unpad, Reza mempresentasikan proyek bertema“Landslide Risk Assessment in West Bandung Regency”, sedangkan Ghina mempresentasikan proyek “Preliminary Determination of Geothermal Potential Area Based on Remote Sensing Analysis; Case Study in Talaga Bodas – Karaha Volcano Complex, West Java”.

Sementara itu, Farrel mempresentasikan proyek bertema “Analyzing and Mapping Using Geographic Information System for Potential Landslide Area, Case Study: Ciamis, West Java”.

Selanjutnya, para mahasiswa diminta menjawab  beberapa pertanyaaan dari Dekan, Kaprodi dan Kepala Unit Internasional FTG Unpad berkenaan dengan hasil dari magang dan final project yang telah dilaksanakan.

Terkait magang ini, para mahasiswa mengaku banyak mendapat pengetahuan baru di bidang geologi. Mahasiswa belajar lebih banyak mengenai teknologi di bidang penginderaan jauh (remote sensing) dan aplikasi untuk lingkungan.

Program ini juga banyak memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai kebaruan teknologi dan aplikasi keilmuan geologi bagi pendidikan secara global.

Dalam sambutannya, Prof. Mega berharap kegiatan magang ini dapat berlanjut dan diaplikasikan oleh para mahasiswa dalam penyusunan laporan akhir pemetaan geologi, skripsi, maupun penelitian.

Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadikan FTG Unpad semakin bermanfaat dan mendunia. “Harapan kami kerja sama ini dapat terus berlanjut dan semoga pandemi segera berakhir sehingga mahasiswa peserta magang dapat langsung datang ke kantor Japan Space Systems di Tokyo, Jepang, sehingga mahasiswa memperoleh pengalaman yang lebih banyak lagi,” kata Prof. Mega.(rilis)*

Share this: