Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad Raih Tiga Juara di Unair

Unair
Tim mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran meraih juara I pada kompetisi video edukasi di ajang Spectacular Nursing Festival (SNF) yang diselengarakan Fakultas Keperawatan Unair secara daring, Maret-Mei 2021.*

[unpad.ac.id, 3/6/2021] Memiliki ide untuk mengolah sampah plastik menjadi produk cantik dan bermanfaat, tim mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran meraih Juara I pada kompetisi Video Edukasi di Spectacular Nursing Festival (SNF) Unair yang diselengarakan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga secara daring, Maret-Mei 2021.

Mereka adalah Sri Mayang Rahayu, Anisa Indah Tetania, dan Maya Hanissya’diah dengan video edukasi berjudul “Dari Sampah Jadi Mewah”. Tim dibimbing oleh dosen FKep Unpad Ryan Hara Permana, M.NS.

Dalam videonya, tim membuat sampah kantung plastik menjadi tas jinjing atau tote bag yang tidak hanya cantik, tetapi juga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

“Kami membuat produk dari sampah menjadi lebih enak dilihat. Kami kumpulkan sampahnya, terus dijahit, membuat sampah itu bisa dipakai dalam jangka waktu lama,” ujar Maya saat dihubungi Kantor Komunikasi Publik Unpad, Kamis (3/6).

Kreasi tas jinjing yang dapat dipakai berulang ini diharapkan dapat mengurangi penumpukan sampah plastik.  Kebersihan lingkungan pun dapat lebih terjaga.

Dikatakan Maya, penumpukan sampah plastik sesungguhnya dapat berdampak pada kesehatan manusia. Sampah plastik yang berada di laut misalnya, dapat mencemari ikan sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan manusia jika mengonsumsinya.

Untuk itulah sebagai mahasiswa keperawatan, Maya dan tim merasa perlu untuk berkontribusi melalui edukasi ke masyarakat.

Maya berharap, setelah menjuarai kompetisi tersebut, mahasiswa Fkep Unpad dapat terus berpretasi. Prestasi ini pun dapat menjadi acuan bagi anggota tim untuk berkembang lebih baik ke depannya.

“Semoga Fakultas Keperawatan Unpad terus berprestasi,” harapnya.

Selain Juara I Lomba Video Edukasi, pada SNF Unair tim Fakultas Keperawatan Unpad juga meraih Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Juara III Poster Publik.

LKTI yang diajukan tim Fkep Unpad yaitu berjudul “We Care Mom Mobile (WCM Mobile) : Solusi Perawatan Luka Post Sectio Caesarea”. Tim LKTI ini terdiri dari Anisa Dwi Putri, Siti Dahlia, dan Rostianti, dengan dosen pembimbing Ida Maryati, S.Kp., M.Kep.,Sp.Mat.,Ph.D (CIQaR).

Sementara pada Lomba Poster Publik, tim Fkep Unpad terdiri dari Rifqii Diatul Firdaus dan Qoori Salma L dengan judul poster “Tele Nursing: Solusi pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi”. Tim dibimbing oleh dosen FKep Unpad Gusgus Ghraha, S.Kep.,Ners.,M.Kep.,Sp.Kep.An.

Manajer Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Hubungan Alumni Ida Maryati, S.Kp.,M.Kep.,Sp.Mat.,Ph.D (CIQaR) mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong mahasiswa untuk berprestasi. Diharapkan, prestasi mahasiswa FKep Unpad dapat mewujudkan salah satu Sapta Karsa Unpad (7S).

“Salah satu agendanya yaitu satu mahasiswa satu prestasi (Swadesi). Swadesi merupakan program untuk pencapaian rekognisi maupun prestasi di level nasional maupun internasional di bidang kemahasiswaan. Sehingga diharapkan semua mahasiswa Fakultas Keperawatan memiliki prestasi maupun rekognisi baik di tingkat nasional ataupun internasional,” ujar Ida.

Lebih lanjut Ida mengungkapkan, berbagai upaya untuk mendorong prestasi mahasiswa antara lain dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak seperti BEM, dosen, dan alumni. Mahasiswa pemenang lomba pun didorong untuk memotivasi mahasiswa lainnya agar dapat mengikuti kompetisi.(arm)*

Share this: