Mahasiswa Sastra Sunda Unpad Raih Juara di Ajang Putra-Putri Imbasadi 2021

Laporan oleh Artanti Hendriyana

Dua mahasiswa Sastra Sunda Unpad, Muhamad Rusliana Wahyudin terpilih menjadi Juara I Putra Imbasadi dan Yasinta Azzahra sebagai Juara II Putri Imbasadi dalam acara emilihan Putra dan Putri Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah Se-Indonesia (Imbasadi) Tahun 2021 di Universitas Sumatera Utara, 3-6 Juni 2021 lalu.*

[unpad.ac.id, 8/6/2021] Mahasiswa Sastra Sunda Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran meraih juara di ajang pemilihan Putra dan Putri Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah Se-Indonesia (Imbasadi) Tahun 2021.

Dua mahasiswa tersebut, Muhamad Rusliana Wahyudin terpilih menjadi Juara I Putra Imbasadi dan Yasinta Azzahra sebagai Juara II Putri Imbasadi. Pemilihan dilakukan pada Serasehan Nusantara VIII Imbasadi yang digelar Program Studi Sastra Batak Universitas Sumatera Utara, 3-6 Juni 2021 lalu.

Serasehan Nusantara ini merupakan salah satu program tahunan Imbasadi. Tahun ini kegiatan dilakukan secara daring.

Setelah terpilih menjadi Putra Imbasadi, Rusli mengungkapkan bahwa ia akan melakukan sejumlah kegiatan terkait pelestarian bahasa dan budaya daerah yang ada di Indonesia, khususnya Sunda.

Baca juga:  Mahasiswa dan Alumni Unpad Ikuti Program Jabar Innovation Fellowship Batch 2

“Setelah terpilih menjadi Putra Imbasadi saya berharap bisa mengemban amanah satu tahun ke depan dengan baik. Saya bisa mengenalkan budaya Sunda ke seluruh masyarakat Indonesia, bisa lebih melestarikan juga mengenalkan seluruh budaya dan bahasa yang Indonesia miliki,” kata Rusli saat dihubungi Kantor Komunikasi Publik (KKP) Unpad, Selasa (8/6).

Rusli juga berharap dapat membawa nama baik Unpad dan Imbasadi di masyarakat luas. Ia pun ingin mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menjaga bahasa dan budaya.

“Karena bahasa dan budaya merupakan identitas bangsa Indonesia yang tentunya tidak boleh sampai hilang,” ujarnya.

Senada dengan Rusli, Yasinta berharap budaya dan bahasa daerah tidak sampai hilang. Untuk itu, ia pun berkomitmen untuk terus melestarikan bahasa dan budaya daerah untuk mempertahankan identitas negeri.

“Saya akan meneruskan yang menjadi visi misi saya, yaitu mempertahankan identitas negeri. Jadi saya punya program kerja kunjung budaya secara virtual, jadi saya ingin memperkenalkan budaya-budaya di Indonesia dan kita dari perwakilan daerah saling memperkenalkan budaya masing-masing ,” ujar Yasinta.

Dalam pemilihan Putra Putri Imbasadi, para peserta mengikuti sejumlah rangkaian seleksi. Diantaranya, orasi budaya, pemaparan visi misi, unjuk bakat, dan menjawab pertanyaan dari juri.

Baca juga:  Tegar Hadapi Pandemi, Kesehatan Mental Diperlukan

Pada kesempatan tersebut, Rusli menunjukkan bakatnya dalam bermain angklung dan Yasinta menarikan Tari Merak.

“Kebetulan saya memang bisa menari,” ujar Yasinta.

Selain menjadi Juara 2 Putri Imbasadi, pada ajang Serasehan Nusantara tersebut Yasinta juga meraih Juara Harapan 2 Lomba Tari Nusantara dengan menampilkan tari jaipong Kembang Tanjung.(arm)*