Prof. Ahmad Faried dan Prof. Chay Asdak Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Baru

Laporan oleh Arif Maulana

guru besar

Dua Guru Besar baru Universitas Padjadjaran Prof. dr. Ahmad Faried, Sp.BS(K), PhD, FICS, (kiri) dari Fakultas Kedokteran, serta Prof. Chay Asdak, Ir., M.Sc., PhD, (kanan) dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian dikukuhkan sebagai guru besar dalam Upacara Pengukuhan dan Orasi Ilmiah Jabatan Guru Besar yang disiarkan secara langsungĀ  dari Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (10/6). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 10/6/2021] Ketua Dewan Profesor Universitas Padjadjaran Prof. Arief Anshory Yusuf, PhD, mengukuhkan dua guru besar baru di lingkungan Unpad. Pengukuhan dilakukan dalam upacara yang disiarkan secara langsung dari Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (10/6).

Dua Guru Besar tersebut yakni Prof. dr. Ahmad Faried, Sp.BS(K), PhD, FICS, dari Fakultas Kedokteran, serta Prof. Chay Asdak, Ir., M.Sc., PhD, dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian.

Prof. Ahmad Faried diangkat sebagai Guru Besar pada bidang ilmu bedah syaraf, sedangkan Prof. Chay Asdak diangkat sebagai Guru Besar pada bidang pengelolaan daerah aliran sungai.

Pada upacara tersebut, Prof. Ahmad Faried membacakan orasi ilmiah berjudul “Penerapan Ilmu Dasar dan Aplikasinya dalam Menghadapi Era Kedokteran Personal: Tantangan dan Harapan dalam Menciptakan Ilmuwan-Ilmuwan Bedah Syaraf”. Sementara Prof. Chay Asdak membacakan orasi ilmiah berjudul “Pengelolaan Daerah Aliran Sungai untuk Pengendalian Bencana Hidrogeologi”.

“Dengan penuh kebanggaan, saya ingin sampaikan bahwa kedua orasi tersebut adalah jawaban yang diharapkan dari para intelektual terkait tantangan-tantangan baru yang kita hadapi,” kata Prof. Arief.*

Baca juga:  Hadapi Pandemi, Kepekaan akan Kondisi Psikis Anak Diperlukan