P3D
Tim mahasiswa Universitas Padjadjaran penerima pendanaan Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) 2021 dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek RI.*

[unpad.ac.id] Tim mahasiswa Universitas Padjadjaran meraih pendanaan Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) 2021 dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek RI.

Tim tersebut beranggotakan 11 orang dari 5 fakultas yakni Fakultas Keperawatan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Komunikasi, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Program yang diangkat tim Unpad berjudul Pengembangan Desa Sehat Terintegrasi Ruang Serindu (Sehat, Kreatif, Inovatif, dan Edukatif)”. Kegiatan P3D ini akan dilaksanakan di Desa Cikeruh, Sumedang, Juli hingga November mendatang.

Tim yang diketuai oleh Aep Maulid Mulyana (Fkep) ini dibimbing oleh Dosen Departemen Keperawatan Komunitas Fkep Unpad Citra Windani Mambang Sari, S.Kep., Ners., M.Kep.

Dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad, P3D merupakan program pembinaan dan pemberdayaan desa yang merupakan tindak lanjut dari program Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2020.

Program ini juga bertujuan untuk mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Aep mengatakan bahwa untuk bisa mendapatkan pendanaan P3D tidak mudah, karena ketatnya persaingan.

Oleh karena itu, tim terus berupaya membangun kemitraan bersama berbagai pihak untuk mengoptimalkan kesempatan dalam melakukan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat berkelanjutan di Desa Cikeruh.

Sementara itu, dosen pembimbing Citra Windani berharap agar kegiatan ini dapat menjadi wadah sinergi dan kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat desa.

Selain itu, program ini juga dapat menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengasah kompetensi yang didapatkan di kampus untuk diimplementasikan ke masyarakat luas sehingga melatih mahasiswa untuk menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa ini ke depan.

“Program yang akan dilakukan oleh mahasiswa Unpad ini diharapkan menjadi salah satu program unggulan desa dan menjadi arah peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” harap Citra.(rilis)*

Baca juga: Prof. Dr. Tb. Zulrizka Iskandar Tutup Usia

Share this: