Rektor Lepas 2.677 Peserta KKN Virtual Integratif

KKN Virtual
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti melepas 2.677 peserta KKN Virtual Integratif Unpad Periode Juli-Agustus 2021 yang digelar secara virtual, Sabtu (10/7).*

[unpad.ac.id] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti melepas sebanyak 2.677 peserta KKN Virtual Integratif Periode Juli-Agustus 2021. Acara pelepasan dilakukan secara virtual pada Sabtu (10/7).

Dalam sambutannya, Rektor berharap pelaksanaan KKN dapat dilaksanakan dengan lancar dan menghasilkan manfaat bagi masyarakat.

“Sesuai dengan tagline-nya, Integratif, Empatif, Gembira, Aktual, dan Kreatif, mudah-mudahan dihasilkan kontribusi berupa pengabdian pada masyarakat yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat di tempat pelaksanaan KKN,” harap Rektor.

Rektor juga berpesan, peserta dan para dosen pembimbing lapangan tetap waspada mengingat pandemi Covid-19 belum mereda. Diharapkan KKN Virtual Integratif dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Jadi kita tetap melaksanaakn dengan mengedepankan kesehatan kita semua dan kesehatan dari masyarakat di sekitar kita,” kata Rektor.

Selain itu, Rektor juga berpesan agar hasil dari pelaksanaan KKN Virtual Integratif dapat dipublikasikan ke masyarakat. Diharapkan juga, berbagai hasil positif akan muncul dari pelaksanaan KKN ini.

“Dengan KKN ini intergrasi antara pendidikan, riset, dan pengabdian pada masyarakat kiranya nanti kami akan songsong hal-hal yang sifatnya positif yang bisa kita tindaklanjuti menjadi topik-topik riset pengabdian pada masyarakt dan materi pembelajaran di kemudian hari,” ujar Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan bahwa kegiatan KKN Virtual Integatif kali ini melibatkan 289 orang dosen pembimbing lapangan.

Pelaksanaan KKN diintegrasikan dengan 289 judul pengabdian pada masyarakat dosen yang akan diimplementasikan dalam 578 kegiatan pengabdian kepada masyarakat mahasiswa.

 “Tema PPM ini juga didasarkan kepada bidang keilmuan dosen, sehingga nanti akan terjadi integrasi dengan penelitian dosen di bidang pengabdian pada masyarakat,” kata Prof. Arief.

Baca juga: BEM FH Unpad Sampaikan Sikap Terkait Penegakan HAM di Indonesia

KKN Integratif Virtual dilaksanakan mulai 10 Juli hingga 11 Agustus 2021 mendatang dengan lokasi di wilayah sekitar tempat tinggal mahasiswa.

Sebelumnya, sebanyak 300 mahasiswa yang merupakan perwakilan dari setiap kelompok mahasiswa KKN telah mengikuti pembekalan kewirausahaan bekerja sama dengan USAID.

Acara pelepasan KKN dengan tema “Pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat di Masa Pandemi” tersebut juga menghadirkan sejumlah pembicara, yaitu Manajer Pengembangan Program Tani Academy TaniHub O’ok Suyantoko, Direktur Utama InJabar Prof. Keri Lestari, dan Ketua Satgas Covid-19 Unpad Dwi Agustian, dr., MPH, PhD.(arm)*

Share this: