Kuatkan Data Kinerja, Unpad Siapkan Aplikasi Audit Internal AMIED

Kepala SPM Unpad Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si. menjadi narasumber dalam kegiatan penjelasan dan koordinasi IPEPA dan AMIED kepada para Kaprodi dan UPM di lingkungan Unpad secara daring, Rabu (25/8).*

[unpad.ac.id]  Dalam upaya menguatkan koordinasi,Satuan Penjaminan Mutu Universitas Padjadjaran menggelar pertemuan secara daring dengan para Ketua Program Studi dan Unit Penjaminan Mutu serta tim mutu di lingkungan Unpad, Rabu (25/8) dan Kamis (26/8).

Pada pertemuan tersebut, SPM Unpad memberikan penjelasan dan koordinasi mengenai pemberlakuan data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) yang digunakan dalam proses pemantauian dan evaluasi bagi penentuan peringkat akreditasi.

Selain itu, SPM Unpad juga melakukan pembahasan data PD Dikti yang dikelola Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad, hingga simulasi instrumen berupa aplikasi “Audit Mutu Internal Evaluasi Diri (AMIED)”.

Kepala SPM Unpad Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si., membahas mengenai bagaimana perencanaan yang baik dalam menyiapkan pelaporan di PD DIkti. Hal ini disebabkan, data di PD Dikti sudah mulai menggunakan berbagai data kinerja prodi sebagai penentuan syarat serta peringkat akreditasi.

Sebagai tindak lanjut, SPM bersama DPSI Unpad telah merancang sistem aplikasi AMIED. Pengisian data pada aplikasi AMIED akan dilakukan secara periodik. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi beragam temuan dengan melihat hasil pemantauan yang akan dilakukan oleh para auditor internal atau asesor.

“Aplikasi AMIED akan memetakan pemetaan kinerja yang dicapai program studi/ departemen/ fakultas. Di semester ganjil 2021 akan dilakukan Audit  Mini maupun Audit Sistem untuk melihat kinerja unit serta persiapan akreditasi,” ujar Funny.

Funny pun mengimbau para pengelola prodi untuk memahami betul mengenai isi dari Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tiinggi serta Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Teknologi dan Sistem Informasi Unpad Alan Ridwan Maulana, M.Kom., memberikan bimbingan dan arahan mengenai cara pengisian AMIED yang dapat diakses pada tautan https://siat.unpad.ac.id/amied/.

Aplikasi AMIED akan terintegrasi dengan capaian kinerja prodi dari aplikasi SIAT yang lain, antara lain SIAT CPMK serta dari pengisian BKD/LKD dosen.

Pengisian data prodi dapat dilakukan setiap saat. Setiap semester, data akan dilakukan penilaian. Pengisian AMIED bertujuan untuk menyiapkan akreditasi dan zona integritas. Data isiannnya akan diaudit oleh auditor internal dan dinilai oleh asesor internal.(rilis/wati)*

Share this: