Lulusan Unpad Diharapkan Ikut Berkontribusi Atasi Dampak Pandemi Covid-19

lulusan unpad
Wisudawan Universitas Padjadjaran bersama orang tuanya mengikuti Prosesi Wisuda Lulusan Universitas Padjadjaran Gelombang IV Tahun Akademik 2020/2021 secara daring, Kamis (5/8). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id] Sebanyak 1.369 wisudawan dilantik pada Prosesi Wisuda Lulusan Universitas Padjadjaran Gelombang IV Tahun Akademik 2020/2021. Wisuda dilaksanakan secara daring penuh pada Kamis (5/8).

“Jaga selalu integritas sebagai alumni Unpad, karena Saudara-saudara adalah insan abdi masyarakat, pembina nusa bangsa,” pesan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti kepada wisudawan.

Pada kesempatan tersebut, Rektor berpesan agar lulusan Unpad dapat terus berkontribusi untuk masyarakat. Kontribusi juga diharapkan dalam mengatasi dampak Pandemi Covid-19.

Rektor mengatakan, dampak pandemi telah memperlambat penciptaan lapangan kerja. Berdasarkan data BPS di bulan Februari 2021, terdapat 19,10 juta orang atau 9,30% penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19 diakibatkan kehilangan pekerjaan, mengalami pengurangan jam kerja, dirumahkan sambil menunggu pekerjaan, atau terhentinya penawaran pekerjaan

Menurut Rektor, isu pengangguran, produktivitas, hingga penurunan penghasilan menjadi fakta yang harus disolusikan bersama. Pembukaan lapangan kerja menjadi salah satu cara mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.

“Kami yakin lulusan Unpad akan mampu melakukannya dengan menerapkan pengetahuan dan gagasan berbasis inovasi, kemitraan dan kewirausahaan. Ubahlah tantangan menjadi peluang. Jadikan bekal pendidikan yang diterima selama ini untuk membangun masa depan yang gemilang,” kata Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, berpikir dan bekerja tidak cukup hanya dengan menguasai teknologi. Upaya perlu terus dilakukan untuk membangun kesejahteraan bersama.

“Sebagai SDM unggul, kita harus selalu memajukan peradaban dengan hidup berdampingan dengan manusia lain membangun kesejahteraan bersama,” kata Rektor.

Kepada wisudawan, Rektor juga berpesan untuk dapat bersinegi mewujudkan “Unpad Berkinerja, Bermanfaat dan Mendunia”.

“Rumah Kita, Unpad, akan menjadi besar jika seluruh anggota keluarganya bersinergi dan bersatu,” kata Rektor.

Secara khusus, Rektor mengucapkan apresiasi kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk setiap jenjang, yaitu:

  • Wisudawan terbaik Program Doktor diraih oleh Sri Agung Fitri Kusuma, dari Program Studi Kimia, Fakultas MIPA;
  • Wisudawan Terbaik Program Magister diraih oleh Suwarni, dari Program Studi Pariwisata Berkelanjutan, Fakultas Sekolah Pascasarjana;
  • Wisudawan terbaik Program Spesialis diraih oleh Harris Pramono Wardojo, dari Program Studi Ortodontik, Fakultas Kedokteran Gigi;
  • Wisudawan terbaik Program Profesi diraih oleh Siti Latifah, dari Program Studi Profesi Ners, Fakultas Keperawatan;
  • Wisudawan terbaik dari Program Sarjana diraih oleh APRIANA ELIZABETH TARULI, dari Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; dan
  • Wisudawan terbaik dari Program Sarjana Terapan diraih oleh Mischa Frisillia Sibarani dari Program Studi Administrasi Keuangan Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Baca juga: Bazaar Jelang Ramadhan 1437 Dharma Wanita Unpad

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada wisudawan paling senior secara usia, berasal dari Program Doktor, yaitu Achmad Tossin Sutawikara, dari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dalam usia 63 tahun 1 bulan 13 hari. Sementara wisudawan termuda berasal dari Program Sarjana, yaitu Annisa Ayu Shalshabila Putri dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, dalam usia 20 tahun 10 bulan 13 hari.(arm)*

Share this: