Mahasiswa FH Unpad Juara I Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional di UII

Delegasi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran pada Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional di Universitas Islam Indonesia

[unpad.ac.id] Tim mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara I pada Kompetisi Peradilan Semu tingkat Nasional atau National Moot Court Competition (NMCC) Abdul Kahar Mudzakkir IX yang digelar Universitas Islam Indonesia secara virtual, 25 Juli lalu.

Pada kompetisi tersebut, tim FH Unpad mengirimkan 16 mahasiswanya. Dengan tema utama kompetisi “Kekayaan Intelektual dalam Ranah Penyelesaian Pidana”, tim menempuh dua tahapan perlombaan, yaitu penyusunan berkas perkara serta simulasi adegan persidangan.

Di tahap penyusunan berkas penyelesaian perkana, setiap tim menyiapkan berkas berdasarkan kasus posisi yang ditentukan. Penyusunan berkas dimulai dari tahapan penyidikan sampai dengan putusan akhir, berikut dengan segala berkas pembuktian perkara. Pada tahap ini, tim FH Unpad mengangkap tema kasus mengenai rezim paten dan merek.

Dikutip dari laman FH Unpad, dari tahap awal pemberian kasus posisi, peserta dituntut kritis dalam menentukan rezim yang tepat untuk dijadikan acuan penyusunan berkas. Mahasiswa ditantang untuk dapat berpikir kritis serta kreatif dalam mengangkat beragam isu hukum dalam praktik dan teori hukum yang ada.

Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mampu menyajikan proses peradilan yang tepat dalam bentuk berkas dan persidangan.

Penentuan rezim yang dilakukan peserta merujuk pada hasil analisis serta diskusi yang dilakukan bersama dosen, praktisi, alumni, serta sesama mahasiswa hukum.

Sementara di tahap kedua, setiap tim diwajibkan mereka adegan persidangan dengan waktu sekitar 84 menit. Reka adegan dilakukan untuk menggambarkan proses peradilan yang telah dituangkan pada berkas yang telah disusun sebelumnya.

Saat menyelesaikan kasus dalam bentuk berkas maupun persidangan, tim FH Unpad melakukan sejumlah riset, baik secara teori melalui kepustakaan, maupun konsultasi dengan dosen, alumni, maupun praktisi yang bergelut di bidang kekayaan intelektual. Dalam hal ini, tim dibimbing langsung oleh dua dosen FH Unpad, yaitu Dr. Laina Rafianti, M.H., dan Dr. Tasya Safiranita, M.H.,

Baca juga: Unpad Masuk ke dalam Pemeringkatan THE World University Rankings by Subject 2021

Selain meraih juara pertama, tim FH Unpad juga memenangkan penghargaan sebagai Peran Panitera Pengganti Terbaik.

Adapun nama-nama delegasi FH Unpad tersebut adalah Tiffany Diva Suryani Tambunan (ketua), Yusuf Vaizal Machmud, Louis Alfred Hasudungan, Nadhif Abdiel, M. Vikri Setiawan, Febriella Martinez, Tsania Salsabila Nurussalma, Galuh Ajeng Kusumoretno Nugroho, Nurauliya Syifa Khofiyanisa, Mohammad Arif Tawakal, Diva Yohana Margaretha Marbun, Tyara Ayu Syaharani, Laurentius Chrisendo M. S, Christine Nauli Pakpahan, Ramos Adi Perisai, dan Haydar.(rilis)*

Share this: