KNMIPA
Mahasiswa Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran Rizky Rafi Rahmawan meraih perunggu pada ajang Kompetisi Nasional MIPA (KNMIPA), 27 – 30 Juli lalu

[unpad.ac.id] Mahasiswa Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran Rizky Rafi Rahmawan meraih perunggu pada ajang Kompetisi Nasional MIPA (KNMIPA) bidang kimia yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek RI secara virtual, 27 – 30 Juli lalu.

Rizky menjadi satu-satunya wakil dari Unpad yang berkompetisi di tingkat nasional. Sebelumnya, Unpad mengirimkan lima kontingen untuk mengikuti seleksi di tahap wilayah pada 23 – 24 Juni lalu. “Pada pengumuman tahap seleksi wilayah, saya yang berkesempatan lolos ke tingkat nasional,” ujar Rizky.

Sebelum bersaing di tingkat nasional, sejumlah persiapan telah dilakukan. Rizky mengatakan, langkah awal untuk bisa mengikuti kompetisi MIPA bergengsi tingkat nasional ini adalah mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh. Menurutnya, materi soal yang diujikan di KNMIPA dasarnya merupakan materi yang diajarkan di perkuliahan.

Meski demikian, Rizky juga mengombinasikan dengan berlatih secara mandiri. Ini disebabkan, ada sejumlah variasi soal yang kerap diberikan di KNMIPA. Apalagi, perubahan metode kompetisi dari luring ke daring juga memiliki tantangan tersendiri.

Rizky Rafi Rahmawan.*

Selain berlatih mandiri, Rizky juga mendapat pembinaan dari pada dosen di Prodi Kimia Unpad. Jelang pelaksanaan kompetisi, Rizky terus berlatih secara intensif. Mulai dari berlatih menggunakan soal-soal kompetisi sebelumnya, memperdalam materi, hingga mencoba memprediksi soal-soal baru yang kira-kira akan keluar.

“Dalam hal ini, universitas sangat mendukung sekali, baik dari sarana maupun pelatihan-pelatihannya,” kata Rizky.

Rizky sendiri sejak 2018 sudah mengikuti tahapan seleksi KNMIPA. Diakuinya, KNMIPA sendiri memiliki tantangan tersendiri.

“Ada beberapa materi yang tidak dibahas (di perkuliahan), sehingga jadi bisa menambah pengetahuan lebih dan bisa mengasah problem solving, critical thinking, dan mengasah kita untuk bisa mencermati setiap permasalahan,” tuturnya.

KNMIPA sendiri merupakan kompetisi tingkat nasional yang mempertandingkan bidang keilmuan MIPA, yaitu matematika, fisika, biologi, dan kimia. Pada bidang kimia sendiri terbagi menjadi empat sub bidang, yaitu kimia organik, kimia anorganik, kimia analitik, dan kimia fisik.

Baca juga: Ilmu Kelautan Unpad Raih Juara pada Kompetisi di ITS

Pada keikusertaannya yang terakhir, Rizky berhasil meraih medali perunggu meski sempat terkendala masalah teknis. Untuk itu, ia pun berpesan kepada para mahasiswa di bawahnya yang memiliki minat mengikuti KNMIPA untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Yang jelas, harus sungguh-sungguh dulu ketika kuliah, karena basic-nya di materi kuliah semua. Selain itu, latihan mandiri dari jauh-jauh hari,” pesannya.*

Share this: