Tim KKN Unpad Gelar Lokakarya Pendampingan Usaha Kecil

Suasana lokakarya “Pendampingan Usaha Kecil dengan Model Optimasi Internet Shopping Online” yang digelar Tim KKN Virtual Unpad 2021 “Ishonas” secara daring, Sabtu (7/8) lalu.*

[unpad.ac.id] Sebanyak 129 peserta mengikuti lokakarya “Pendampingan Usaha Kecil dengan Model Optimasi Internet Shopping Online” yang digelar Tim KKN Virtual Universitas Padjadjaran 2021 “Ishonas” secara daring, Sabtu (7/8) lalu. Acara digelar untuk berbagi pemahaman mengenai penggunaan fitur bisnis media sosial serta model optimisasi bagi penggiat UMKM.

Para peserta tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta didominasi mahasiswa, dosen/peneliti, dan pengusaha.

Lokakarya dibuka secara resmi oleh Dosen Prodi Matematika Fakultas MIPA Unpad Dr. Diah Chaerani, M.Si., yang juga bertindak sebagai dosen pembimbing Tim KKN Virtual Ishonas.

“KKN Virtual ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat menyebarluaskan ilmu-ilmu yang diperoleh di universitas, kemudian mengimplementasikannya di lingkungan masyarakat,” jelas Dr. Diah saat menyampaikan sambutannya pengantar kegiatan lokakarya.

Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara. Pembicara pertama yaitu pendiri Koperasi Bangkit Bersama yang menjadi peraih Penghargaan Kalpataru 2020 Indra Darmawan. Indra Darmawan hadir dengan materi “Pemanfaatan Gulma Eceng Gondok menjadi Aneka Kerajinan Zero Waste”.

Selanjutnya adalah Rifqi Firmansyah S.T yang menjabat sebagai Ketua Umum Sahabat UMKM Jawa Barat. Ia membagikan materi tentang UMKM berbasis data.

Lalu hadir pula asisten peneliti di Agrilogics, Hanifa Hasna Perdana S.TP yang membagikan pengalamannya dalam mengelola UMKM serta memanfaatkan fitur media sosial dalam pengembangannya.

Dalam lokakarya ini, mahasiswa dari tim KKN Virtual juga berbagi ilmu mengenai Model Optimisasi Internet Shopping Online. Mereka adalah Sunarta Susanto (FMIPA) dan M Ryan Naufal (FTG).

Ketua Pelaksana workshop Kevin Kemal dari FISIP Unpad berharap acara ini dapat bermanfaat bagi peserta. Peserta diharapkan dapat mengaplikasikan materi dari workshop ini dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam mengembangkan bisnis daring.(rilis)*

Baca juga: Fakultas Hukum Unpad Pelopor Pendidikan Hukum Udara dan Ruang Angkasa Sejak 50 Tahun Lalu

Share this: